menu
user
URtech

8 Tips Penting Pakai WhastApp untuk iPhone dan Android

Afid Ahman,
22 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
8 Tips Penting Pakai WhastApp untuk iPhone dan Android
Image: Ilustrasi WhatsApp. (WABetaInfo)

Jakarta - Jika kamu menghabiskan berjam-jam setiap harinya mengobrol di WhatsApp, sebaiknya memeriksa tip dan trik di bawah ini. 

Urbanasia mengumpulkan delapan hal berguna yang harus diketahui setiap pengguna WhatsApp di iPhone maupun Android jika mereka ingin obrolannya berjalan lancar dan bebas dari kekacauan.

1. Kosongkan penyimpanan 

Jangan biarkan media menghabiskan memori ponsel kamu. Gunakan fungsi "Kelola Penyimpanan" WhatsApp untuk meninjau dan menghapus item lebih dari 5MB, dan periksa obrolan individu untuk melihat seberapa banyak penyimpanan yang dihabuskan. 

Kamu juga dapat dengan cepat mengarsipkan, menghapus, dan menghapus semua obrolan dalam beberapa ketukan sederhana, cukup buka bagian Chat di Pengaturan.

2. Lindungi memori ponsel

Ingin menghentikan penyimpanan foto dan video secara otomatis ke galeri yang memenuhi memori ponse? Buka bagian Chat di Pengaturan dan nonaktifkan tombol "Simpan ke Camera Roll".

3. Lindungi paket data 

Membantu mengurangi data yang digunakan di WhatsApp dengan menyesuaikan pengaturan unduhan otomatis, sehingga kamu dapat mengontrol kapan mengunduh file dan media. 

Buka "Penyimpanan dan Data" di Pengaturan, lalu pilih apakah foto, audio, video, dan dokumen dapat diunduh otomatis dengan mobile data, Wi-Fi, atau tidak sama sekali (artinya tidak ada yang akan mengunduh hingga kamu memilihnya).

4. Keluar, mute atau arsipkan grup yang tidak diinginkan

Apakah kamu masuk dalam obrolan grup yang tidak lagi diinginkan? Kamu dapat dengan cepat dan mudah keluar dari grup, atau memilih untuk mute atau mengarsipkan grup yang tidak diinginkan. 

Buka obrolan grup, ketuk subjek grup dan gulir ke bawah untuk melihat opsi "Keluar dari Grup" atau "Mute". Atau, ketuk dan tahan grup di tab Obrolan, lalu ketuk “Keluar dari Grup” atau “Arsipkan”.

5. Nyalakan Pesan yang Menghilang

Mengaktifkan Disappearing Messages akan membuat pesan baru dalam obrolan menghilang setelah tujuh hari.

Cukup buka obrolan, ketuk nama kontak, gulir ke bawah untuk melihat opsi "Disappearing Messages" lalu pilih aktif.

6. Perbarui pengaturan Privasi

Kamu dapat mengontrol siapa yang dapat melihat Tanda Terima Dibaca, Terlihat Terakhir, Tentang, dan Foto Profil. Buka Akun di Pengaturan, lalu ketuk Privasi, dan kamu dapat mengubah semua ini agar dapat dilihat oleh semua orang, hanya kontak, atau tidak ada sama sekali - sepenuhnya terserah kamu.

7. Blokir pengguna yang tidak diinginkan

Memblokir seseorang di WhatsApp dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Buka pengaturan Privasi, ketuk blokir dan kemudian tambahkan kontak atau nomor tidak dikenal yang ingin kamu blokir.

8. Siapkan Two-step verification

Ingin menambahkan lapisan keamanan tambahan? Verifikasi dua langkah adalah fitur opsional yang menambahkan lebih banyak keamanan ke akun WhatsApp. 

Untuk mengaktifkannya buka Pengaturan, ketuk Akun dan Verifikasi Dua Langkah, lalu tekan 'aktifkan' dan setel pin. S

aat mengaktifkan verifikasi dua langkah, kamu juga memiliki opsi untuk memasukkan alamat email, dan ini memungkinkan WhatsApp untuk mengirimi tautan penyetelan ulang melalui email jika lupa PIN, dan juga membantu melindungi akun. Semoga bermanfaat, Urbanreaders!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait