Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

8 Tren Camilan Viral di TikTok, Cocok Buat Teman di Rumah saat PPKM

Griska Laras,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
8 Tren Camilan Viral di TikTok, Cocok Buat Teman di Rumah saat PPKM
Image: istimewa

Jakarta - Pemerintah kembali memperpanjang PPKM level 4 di Jawa dan Bali hingga 16 Agustus mendatang. Nah supaya tak bosan di rumah aja, kamu bisa membuat camilan yang lagi viral di TikTok, seperti sushi Oreo, ramen Indomie, hingga croffle.

Selain bahan-bahannya mudah didapat, cara membuat camilan-camilan ini juga mudah dan praktis loh, Urbanreaders!

1. Sushi Oreo

1628574936-Sushi-Oreo-Joyfulbakers.jpgSumber: Sushi Oreo/joyfulbakers

Belakangan ini muncul tren kuliner baru dan unik di TikTok, salah satunya sushi Oreo. Camilan ini pertama kali diperkenalkan oleh pengguna TikTok dengan akun @siennasweets_, yang senang membuat kue selama masa karantina COVID-19.

Cara membuat sushi Oreo ini sangat mudah dan hanya membutuhkan tiga bahan saja, yaitu Oreo (rasa original), susu, dan saus cokelat.

Step pertama yang perlu kamu lakukan adalah memisahkan biskuit Oreo dengan cream putih di dalamnya. Setelah itu, hancurkan biskuitnya dengan mencampurkan susu agar teksturnya kental. Kemudian, pipihkan bubuk biskuit dengan alat plastik dan tambahkan cream putih di atasnya. 

Gulung campuran tersebut hingga adonan biskuit berbentuk bolu gulung. Setelah itu barulah adonan dipotong-potong seukuran sushi. Nah sushi oreo ini bisa kamu nikmati dengan mencocolnya di saus cokelat.

2. Rujak Mangga Bubuk Cabai

1624433073-rujak-mangga-bon-cabe.jpgSumber: Rujak mangga bubuk cabe (TikTok @gilanglabaso)

Bagi Urbanreaders yang doyan makanan bercita rasa pedas asam, resep rujak mangga bubuk cabai bisa kamu coba di rumah, nih. Cara membuat camilan yang sempat viral di TikTok ini praktis banget, loh.

Kamu hanya perlu menyiapkan mangga muda, bubuk cabai, dan gula. Kemudian potong buah mangga yang sudah dikupas dan masukkan ke dalam wadah.

Tambahkan bubuk cabai dan gula sesuai selera. Setelah itu, tutup wadah tersebut dan kocok hingga bumbunya merata ke seluruh lapisan buah mangga. Rujak mangga bubuk cabai siap disantap!

3. Cheetos Mac and Cheese

1624350152-Ilustrasi-Makaroni-Mac-and-Cheese.jpgSumber: Ilustrasi Cheetos Mac and Cheese (Freepik/topntp26)

Berbeda dari mac and cheese pada umumnya, camilan ini menggunakan snack Cheetos sebagai pengganti rasa gurih keju.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Cheetos Mac and Cheese adalah makaroni, susu full cream, dan Cheetos Puff Cheddar Cheese.

Pertama, tuang susu ke dalam wajan dan masukkan bubuk Cheetos yang telah diblender. Kemudian aduk hingga teksturnya mengental. Setelah itu masukkan makaroni yang sudah direbus dan aduk hingga tercampur merata. Cheetos Mac and Cheese siap disajikan!

Biar lebih nikmat, tambahkan sosis dan topping lainnya sesuai seleramu, Urbanreaders!

4. Ramen Indomie  

1628574384-Indomie-Ramen.jpgSumber: Indomie ramen/cookpad@mrs.ferdi

Bosen makan mie instan dengan olahan yang gitu-gitu saja? Kamu bisa loh membuat mie instan dengan style lebih mewah ala ramen Jepang seperti yang sedang viral di TikTok.  

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah mie instan kuah, telur, mayonnaise, dan sosis atau pelengkap lain sesuai selera.

Kamu hanya perlu merebus mie instan seperti biasa. Sambil menunggu mie matang, tuang bumbu mie instan, satu sendok mayonnaise, dan satu butir telur mentah ke dalam mangkok. Aduk hingga semua bahan tercampur dan tidak menggumpal.

Masukkan kuah rebusan mie ke dalam mangkok bumbu dan diamkan beberapa menit. Kemudian masukkan mie dan tambahkan topping sesuai selera. Campuran mayonaise dan telur bikin kuah ramen indomie jadi creamy banget, loh!

5. Churros Saus Cokelat

1613729127-Churros-freepik.JPGSumber: Churros saus coklat. (Ilustrasi/Freepik)

Urbanreaders pasti sudah nggak asing dong dengan Churros? Camilan asal Spanyol yang renyah dan manis ini memang cukup populer di Indonesia.

Meski sudah banyak dijual di kafe-kafe, kamu bisa loh membuat churros sendiri di rumah. Apalagi ada banyak tutorial membuat churros yang bisa kamu lihat di TikTok.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat churros adalah butter, garam, tepung terigu, telur, dan saus cokelat.

Pertama masukkan air matang, butter dan garam ke dalam panci lalu aduk hingga mendidih. Setelah mendidih, kecilkan api dan masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil aduk dengan cepat hingga adonan kalis. Angkat adonan dan dinginkan di wadah.

Kemudian masukkan telur yang telah dikocok lepas sedikit demi sedikit ke dalam adonan dan aduk hingga tercampur rata. Masukkan adonan ke kantong semprot yang ujungnya sudah diberi spuit bergerigi lalu goreng dengan api sedang.

6. Profee

1618557252-minum-kopi---pixabay.JPGSumber: Ilustrasi minum kopi. (Pixabay)

Nggak melulu makanan, ada berbagai resep minuman viral di TikTok yang bisa kamu coba, loh! Buat Urbanreaders yang doyan ngopi, kamu bisa nih mencoba bikin profee.

Proffee merupakan gabungan antara kopi dan bubuk protein. Kata proffee berasal dari kata 'protein' dan 'coffee'. Kamu bisa menggunakan berbagai jenis kopi tanpa ampas dan protein sesuai selera. Namun umumnya, resep ini menggunakan protein shake yang dicampur dengan kopi cold brew.

Cara membuatnya mudah banget. Kamu hanya perlu menyeduh kopi dengan air panas dan tambahkan dengan susu cair. Masukkan satu sendok protein shake dan aduk hingga rata.

7. Acar Bawang Putih

Tren acar bawang putih sempat viral di TikTok beberapa waktu lalu. Camilan ini membuat heboh pengguna TikTok setelah akun @lalaleluu membagikan video resep acar bawang putih favoritnya. Meskipun unik dan tak biasa, ternyata banyak loh pengguna TikTok yang penasaran dan ikut menjajal resep ini.

Bahan-bahan yang diperlukan adalah bawang putih kupas, cuka yang telah dicampur air, gula pasir, garam, saus sambal, cabai bubuk, dan thyme.

Cara membuat acar bawang putih sangat mudah, namun memerlukan waktu yang cukup lama, sekitar 5-7 hari sebelum siap disantap.

Pertama, masukkan bawang putih, garam, gula, ke dalam stoples kaca. Kemudian tuang larutan cuka dan aduk hingga merata. Kemudian pindahkan semua bahan ke dalam panci dan masak hingga mendidih dengan api sedang.

Pindahkan bawang putih dan airnya ke dalam stoples kaca lalu tunggu hingga 5-7 hari.  Setelah tujuh hari, buang air cuka dari wadah stoples. Campur bawang putih dengan saus sambal, bubuk cabai, dan thyme lalu kocok sampai tercampur merata. Tertarik menjajal camilan satu ini, Urbanreaders?

8. Croffle

1627020528-Croffle-Pixabay.JPGSumber: Ilustrasi Croffle (Pixabay/juno1412)

Croffle alias Croissant Waffle menjadi camilan yang sedang digandrungi di Indonesia. Kudapan manis ini kerap menjadi langganan FYP TikTok dan begitu menyita perhatian warganet. Karena itu, nggak heran kalau saat ini sudah banyak toko roti sampai kedai kopi yang menawarkan Croffle.

Seperti namanya, camilan ini terbuat dari adonan croissant yang dipanggang dengan cetakan waffle. Croffle memiliki tekstur yang lebih padat dari croissant biasa, namun tetap renyah.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat croffle adalah puff pastry, butter, dan gula pasir. Cara membuat camilan hits ini pun cukup mudah. Pertama, potong lembaran kulit pastry menjadi bentuk segitiga, pastikan suhunya masih dingin agar tekstur tetap padat.

Kemudian, gulung kulit pastry hingga membentuk croissant dan taburi gula pasir pada permukaannya. Diamkan selama beberapa menit. Panaskan cetakan waffle yang telah diolesi butter dan panggang croissant pada cetakan hingga kecokelatan.

Camilan ini bisa kamu sajikan dengan sesendok ice cream dan cherry atau dinikmati bersama kopi dan teh hangat di saat weekend.

Nah itu dia beberapa resep makanan viral TikTok yang bisa kamu bikin selama masa PPKM ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil, guys!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait