Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

8 Upaya yang Bisa Dilakukan untuk Cegah Bunuh Diri

Nivita Saldyni,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
8 Upaya yang Bisa Dilakukan untuk Cegah Bunuh Diri
Image: Ilustrasi memberi support. Sumber: Pixabay/Alexas_Fotos

Jakarta – Sejak 2003, setiap tanggal 10 September selalu diperingati Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia (World Suicide Prevention Day). Hal ini diperingati oleh Asosiasi Internasional untuk Pencegahan Bunuh Diri (IASP) dengan dukungan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Nah, pada Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia tahun ini, ‘menciptakan harapan melalui tindakan’ dipilih sebagai tema untuk mencerminkan perlunya tindakan kolektif untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut. Artinya, kita semua mulai dari anggota keluarga, teman, rekan kerja, pendidik, pemuka agama, tenaga kesehatan, pejabat politik, hingga pemerintah harus bersama-sama mengambil tindakan untuk mencegah terjadnya bunuh diri.

Hal ini penting kita lakukan bersama karena berdasarkan data WHO, 1 dari 100 kematian di dunia disebabkan oleh bunuh diri. Bahkan setiap 40 detik, terdapat 1 orang yang merenggut nyawanya sendiri. Mirisnya pada saat yang sama ada sekitar 20 orang lainnya tengah melakukan percobaan bunuh diri.

Maka ketika kamu melihat atau mengetahui seseorang yang memiliki keinginan untuk bunuh diri, jangan berdiam diri dan bantulah mereka. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah seseorang bunuh diri seperti yang dikutip dari Psychalive, Jumat (10/9/2021) berikut ini.

1. Ajak mereka berbicara, tunjukkan minat dan dukunganmu kepada mereka.

2. Jadilah pendengar yang baik dan berikan dukungan dan rasa aman untuk mereka.

3. Tanyakan apakah dia berpikir untuk bunuh diri, hal ini tak akan semakin mendorong seseorang untuk bunuh diri.

4. Bantu mereka mencari bantuan profesional dan damping mereka

5. Jangan pernah menghakimi dan menceramahi mereka, apalagi memperdebatkan tindakan bunuh diri.

6. Jangan bersikap terkejut saat mendengar cerita mereka, hal ini akan malah membuat jarak antara kamu dan mereka.

7. Jangan tantang mereka untuk melakukannya, hal ini akan semakin mendorong mereka untuk melakukan tindakan tersebut.

8. Jangan pernah berjanji untuk tak memberitahu hal tersebut kepada siapapun, sebab mereka mungkin membutuhkan bantuan orang lain.

Apabila saat ini kamu mengalami depresi atau keinginan bunuh diri, Jangan putus asa. Depresi dan gangguan kejiwaan dapat pulih dengan bantuan profesional kesehatan mental. Jangan ragu untuk menghubungi layanan profesional demi kesehatan mental yang lebih baik.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait