Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Ade Armando Dikritik MUI Usai Sebut Salat 5 Waktu Tak Ada di Quran

Griska Laras,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ade Armando Dikritik MUI Usai Sebut Salat 5 Waktu Tak Ada di Quran
Image: Ade Armando penuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya, guna menjalani pemeriksaan sebagai saksi terlapor dalam perkara dugaan pencemaran nama baik meme Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Rabu (20/11/2019). (Ilustrasi/ANTARA)

Jakarta - Pegiat media sosial Ade Armando lagi-lagi jadi sorotan publik. Ade menuai cibiran usai menyebut perintah salat 5 waktu tidak ada dalam Quran.

Pernyataan Ade membuat kegaduhan di media sosial hingga membuat namanya menjadi trending di Twitter. Tak hanya menjadi bulan-bulanan netizen, Ade juga dikritik Sekjen MUI Amirsyah Tambunan.

Amirsyah meminta Ade Armando tidak membuat pernyataan di luar kapasitasnya.

"Jadi kalau beliau itu kompetensinya komunikasi, berkomentarlah soal komunikasi supaya tidak bias. Komentar sesuai keahlian bukan berkomentar untuk sensasional," kata Arminsyah kepada wartawan, Rabu (3/11/2021).

Amirsyah menjelaskan bahwa perintah salat ada di dalam Quran yang dirinci lebih lanjut dalam hadis.

"Jadi begini, memahami ajaran Islam itu berdasarkan Quran, hadis, dan ijtima ulama dengan menggunakan akal pikiran sehat. Dasar hukum salat itu memang merujuk pada Quran dan hadis Rasulullah SAW," jelasnya.

"Lima waktu itu adalah perintah salat yang dinyatakan di Quran dan hadis dan para ulama telah sepakat memahami perintah 5 waktu," lanjutnya.

Lebih jauh, Amirsyah mengatakan mereka yang bisa menyampaikan pandangan terkait ajaran Islam adalah ulama kompeten. Oleh karena itu, mereka yang tidak memiliki kompetensi diminta menahan diri.

Dia juga menyarankan Ade Armando fokus di bidang komunikasi karena masih hal menarik yang bidang dikomentari.

"Karena bidang komunikasi masih banyak yang dikomentari. Contoh, bidang komunikasi ilmu yang sangat luas dan pengaruhnya besar yaitu komunikasi yang bermanfaat untuk kemaslahatan. Bukan komunikasinya yang menimbulkan kegaduhan dan adu domba".  

Masalah ini bermula setelah Ade mengomentari pernyataan Imam Masjid New York Imam Shamsi Ali soal syahadat, salat, puasa, dan haji adalah syariah. Shamsi menyebut mereka yang tidak menjalankan syariat itu mengingkari Islam.

"Sebenarnya saya menjelaskan cukup panjang, tapi perasaan Shamsi sudah terlalu emosional maka dia tidak mampu membahas argumen saya, yang keluar justru bukan hasil dari kerja otak dia," kata Ade Armando dalam YouTube Cokro TV.

"Sebenarnya di dalam Quran tidak ada perintah salat lima waktu. Coba saja baca Quran, Anda tidak akan menemukan ayat yang mengatakan salat itu harus dilakukan 5 kali sehari. Toh, melakukannya karena sejak kecil dan saya salat 5 waktu karena merasa perlu berkomunikasi dengan Tuhan secara konstan. Saya sendiri tidak pernah menganggap pendapat saya yang paling benar," bebernya. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait