menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

Aksi Kendarai Lumba-lumba Dikecam Susi Pudjiastuti, Lucinta Luna Minta Maaf

Eronika Dwi,
28 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Aksi Kendarai Lumba-lumba Dikecam Susi Pudjiastuti, Lucinta Luna Minta Maaf
Image: Lucinta Luna. (Instagram @lucintaluna_manjalitagenk)

Jakarta - Nama Lucinta Luna kembali menjadi sorotan usai video aksinya mengendarai lumba-lumba yang viral dan menuai kecaman dari sejumlah pemerhati satwa.

Dalam video tersebut, Lucinta tampak sedang berenang bersama seekor lumba-lumba. Tak hanya berenang, dia bahkan memegang hewan tersebut. 

Kedua tangan Lucinta terlihat berpegangan pada sirip lumba-lumba, seolah sedang ditarik ke air. 

Seketika video itu pun langsung menuai kritikan, salah satunya dari Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti

"Banyak orang mengira uang & ketenaran bisa membeli dan mengizinkan untuk melakukan apa saja.. Termasuk kebodohan dan menjadi bodoh," tulis Susi Pudjiastuti dalam bahasa Inggris, lewat Twitter pribadinya, dikutip Jumat (16/4/2021). 

1618546922-Cuitan-Bu-Susi.pngSumber: Cuitan Twitter Susi Pudjiastuti soal Aksi Lucinta Luna dengan Lumba-lumba. (Tangkapan Layar/Urbanasia)

Sadar apa yang dilakukannya salah dan menjadi kontroversi, Lucinta pun meminta maaf dan mengklarifikasi terkait videonya. 

"Terkait video konten YouTube Lucinta Luna Manjalita tentang lumba-lumba, jadi tim Halucinta Genk kemarin diundang ke penangkaran lumba-lumba," tulis Lucinta Luna dalam Instagram Storiesnya, Kamis (15/4/2021) malam.

"Kami sangat senang diundang untuk belajar tentang lumba-lumba serta melihat langsung lumba-lumba di penangkarannya. Tujuan kami membantu pariwisata Bali yang terkena dampak corona. Kami juga menanyakan izinnya dan dijelasin sama pihak sana kalau ini berizin (BKSDA)," lanjutnya.

Lucinta menjelaskan bahwa dirinya banyak belajar mengenai lumba-lumba di penangkaran, mulai dari belajar memberi makan hingga menentukan kelamin.

Namun, dia mengklaim tidak mengetahui jika lokasi tersebut merupakan tempat sirkus. Jika tahu, dia menegaskan akan menolaknya. 

"Lokasinya di lautan, di Sanur. Kalau ini tadi di tempat sirkus, kami pun pasti menolak. Jadi lumba-lumba di sana itu lumba-lumba yang didapat seperti lumba-lumba tersesat terpisah dari grupnya, terdampar, atau yang terluka. Lalu di-rescue dan diletakkan di sini," jelas Lucinta.

"Awalnya kita nggak tau. Kirain cuma komunikasi langsung dengan lumba-lumba, kasih makan, dan bermain seperti biasa. Ternyata ada adegan kami dibawa oleh lumba-lumba. Kalau itu kami sadari memang kami yang salah mau ikutan," jelasnya lagi.

Di akhir tulisannya, Lucinta meminta maaf kepada seluruh masyarakat, terutama kepada Susi Pudjiastuti, aktivis, dan pecinta hewan, terkait aksinya itu. 

"Kami mohon maaf kepada semua. Kepada Ibu Susi Pudjiastuti, aktivis, pecinta hewan, serta semuanya. Kami janji nggak akan mengulangi lagi. Sebenarnya kami semua penyayang binatang tapi dalam hal ini, kami teledor dan jujur baru menyadari sekarang," pungkas Lucinta.

1618547014-Instagram-Stories-Lucinta-Luna.pngSumber: Instagram Stories @lucintaluna_manjalitagenk. (Tangkapan Layar/Urbanasia)

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait