beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Alasan Pentingnya Orang Tua Dampingi Minat dan Potensi Anak

Kintan Lestari,
11 November 2022 10.59.19 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Alasan Pentingnya Orang Tua Dampingi Minat dan Potensi Anak
Image: Ilustrasi ibu dan anak belajar bersama ( Freepik/our-team)

Jakarta - Setiap anak punya keunikannya masing-masing. Oleh sebab itu, orang tua perlu mengarahkan anak supaya keunikan tersebut berkembang dengan tepat.

Kiddo.id, salah satu aplikasi untuk mengembangkan potensi anak melalui aktivitas, kursus, dan konten berkualitas, sejak kemarin (10/11/2022) menggelar acara yang dapat membantu orang tua mengembangkan potensi anak mereka yaitu Kiddofest 2022. Acara ini berlangsung di Main Atrium Pluit Village Mall, Jakarta Utara.

Di tahun ini, tema yang diusung adalah ‘Celebrating Uniqueness’ atau ‘Merayakan Keunikan’. Analia Tan selaku CEO Kiddo.id meyakini anak perlu diberikan pendidikan sesuai keunikan mereka supaya hasilnya maksimal.

“Tema ‘Celebrating Uniqueness’ yang kami angkat tahun ini juga turut mendukung rencana kerja pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak di Indonesia. Kami percaya setiap anak perlu diberikan pendidikan sesuai dengan keunikannya sehingga mereka bisa menggapai cita-citanya secara maksimal,” tutur Analia dalam rilis yang diterima Urbanasia, Kamis (10/11/2022).

Psikolog Erika Kamaria Yamin mengungkap peran orang tua sangat penting untuk memberikan stimulasi yang tepat kepada anaknya untuk menggali minatnya sendiri. 

"Orang tua sebaiknya memberikan stimulasi yang seimbang dalam faktor-faktor tumbuh kembang anak yang mencakup
pertumbuhan fisik, kognitif, motorik, bahasa dan sosial emosi. Jika stimulasi yang diberikan sudah seimbang, tugas orang tua adalah mendampingi anaknya mengembangkan minat dan potensinya sambil tetap menjaga keseimbangan faktor-faktor tersebut,” kata Erika.

1668138932-Kiddofest-2022.jpgSumber: Acara talkshow di hari pertama Kiddofest 2022. (Dok. SEQARA)

Erika melihat Kiddofest 2022 bisa membantu orang tua bereksplorasi memilih program-program guna menggali minat dan potensi anak. Adapun penyelenggaran Kiddofest ini, dikatakan Analia sejalan dengan program Karakter Berkebhinekaan Global Kemdikbudristek RI yang mengutamakan pendidikan berbasis karakter, yang menghargai keberagaman dan perbedaan serta memiliki kemampuan komunikasi interkultural.

“Kami berharap Kiddofest menjadi momen yang tepat bagi orang tua untuk mengeksplorasi keunikan anak-anaknya serta membantu anak merayakan keunikannya lewat berbagai aktivitas dan kursus yang sesuai dengan kekuatan mereka. Ayo bersama kita siapkan generasi penerus bangsa untuk hadiah ulang tahun Indonesia yang ke-100 di tahun 2045,”
tambah Analia.

Kiddofest akan hadir selama empat hari mulai tanggal 10-13 November 2022. Di acara ini, baik orang tua dan anak selain bisa mengeksplor program yang tepat bagi anak juga dapat menyaksikan penampilan dari performer menarik serta mengikuti berbagai kompetisi dan aktivitas lainnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait