beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

Alat Musik Siter dan Cara Memainkannya

Suci Nabila Azzahra,
31 Agustus 2022 17.59.46 | Waktu baca 4 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Alat Musik Siter dan Cara Memainkannya
Image: Siter. (National Music Museum The University of South Dakota)

Jakarta - Dalam gamelan Jawa terdapat alat musik siter yang dipetik mirip seperti kecapi. Alat musik ini menghasilkan suara petikan khas yang identik dengan melodi gending atau lagu-lagu tradisional Jawa.

Siter umumnya dimainkan secara ansambel bersama alat musik lainnya, namun juga kadang dimainkan sendiri atau berpadu dengan 1-2 alat musik. Penasaran dengan alat musik siter? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan siter di bawah ini, yuk!

Pengertian dan Sumber Suara Siter

Siter termasuk alat musik yang mempunyai komponen menyerupai gitar. Sumber suara siter berasal dari string atau kawat. Demikian dikutip dari buku Alat Musik Tradisional Nusantara oleh Akmalul Khuluq.

Siter terdiri dari kawat-kawat nada yang dipasang di atas sebuah peti. Kawat pada siter akan diberi sanggaan dengan posisi miring, untuk menyangga kawat nadanya.

Siter memiliki bentuk yang mirip dengan kecapi. Siter sering dimainkan untuk memperindah penampilan musik gamelan. Berbagai ukuran siter termasuk instrumen khas Gamelan Siteran.

Namun, siter juga dipakai dalam berbagai jenis gamelan lain. Dalam sajian karawitan pertunjukan wayang, siter berfungsi sebagai pangrengga lagu atau alat musik untuk mengisi lagu. Istilah siteran termasuk dalam musik gamelan yang menitikberatkan pada permainan siter atau celempung.

Nada Khas dan Bahan Pembuatan Siter

Bagian Badan siter terbuat dari kayu jati. Bahan baku siter berasal dari kayu, kawat dan paku-paku seperti paku payung, hingga cat warna, atau pelitur.

Dalam proses pembuatan siter, yang tersulit adalah waktu menyetem senar. Penyeteman sangat membutuhkan konsentrasi. Instrumen siter menghasilkan nada-nada dan melodi yang harmonis, jika dimainkan dengan rasa hati.

Ciri-ciri Siter

Secara umum, siter memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Dimainkan dengan cara dipetik
  • Berbentuk persegi panjang berukuran 20 x 50 cm
  • Sering dimainkan dalam instrumen gamelan
  • Siter terdiri dari 11-12 dawai.

Jenis Siter atau Celempung

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait