menu
user
URstyle

Alert! 2 Kasus Varian Baru COVID-19 Inggris Tiba di Indonesia

Kintan Lestari,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Alert! 2 Kasus Varian Baru COVID-19 Inggris Tiba di Indonesia
Image: Pixabay

Jakarta - Sejumlah negara Eropa dan Asia sudah menghadapi kedatangan virus varian baru COVID-19 asal Inggris. Kali ini giliran Indonesia.

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan virus mutasi virus corona Inggris ini sudah ditemukan di Indonesia.

"Tadi malam saya dapat informasi, bahwa tepat satu tahun hari ini kita menemukan mutasi B117 UK mutation di Indonesia. Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan dua kasus," kata Dante di acara yang disiarkan di kanal YouTube Kemenristek/BRIN, Selasa (2/3/2021).

Penemuan dua kasus mutasi corona Inggris itu didapat dari hasil pemeriksaan terhadap 462 sampel yang punya potensi mutasi virus. Hasilnya, ditemukanlah dua kasus mutasi.

Dengan penemuan dua kasus mutasi, Dante menyebut tantangan pandemi di Indonesia akan makin sulit. Ia berharap negara bisa lebih cepat mengembangkan proses-proses yang berkaitan dengan riset.

"Refleksi itu akan membuat tantangan baru kita ke depan untuk lebih mengembangkan proses-proses yang berkaitan riset yang semakin cepat, model-model penanganan yang lebih baik, dan studi-studi epidemiologi secara analitik, karena proses mutasi ini sudah ada di sekitar kita," kata Dante lagi.

Mutasi virus corona ini pertama kali diketahui pada bulan Desember oleh Menteri Kesehatan Inggris, Matt Hancock.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut virus ini penyebarannya lebih cepat, meski demikian tidak lebih berbahaya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait