Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
Beautydoozy

Cara Mencuci Brush Makeup Agar Tak Jadi Sarang Kotoran dan Bakteri

Kintan Lestari,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Cara Mencuci Brush Makeup Agar Tak Jadi Sarang Kotoran dan Bakteri
Image: Ilustrasi brush makeup. (Unsplash)

Jakarta - Salah satu produk kecantikan yang sering digunakan perempuan adalah brush makeup. Coba diingat, kapan terakhir kali kamu mencuci brush makeup kamu?

Yap, sama seperti pakaian, aplikator tersebut juga harus dicuci. Memang nggak perlu setiap hari untuk mencucinya, tapi tetap ya harus dicuci.

Soalnya di brush yang kamu pakai pasti ada bekas foundation, BB cream, concealer, blush, bronzer, eyeshadow, dan produk makeup lainnya. Kotoran, minyak, dan bakteri juga menempel di situ saat bersentuhan dengan kulit.

Kalau tidak dibersihkan dengan teratur, bayangkan betapa banyak kotoran, minyak, bakteri, sisa produk makeup yang ada di dalamnya yang akan menyentuh wajahmu. Kotoran tadi menempel ke kulit dan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat atau iritasi kulit lainnya.

Lantas, kapan brush makeup harus dibersihkan? Makeup artist sekaligus founder aplikasi Pretty Convenient, Tracy Ftacek menyarankan kuas makeup dibersihkan setiap minggu jika sering dipakai. Tapi kalau kamu nggak terlalu sering dandan, cuci setiap dua minggu sekali.

“Aturan umum adalah seminggu sekali kecuali kamu mengalami masalah kulit yang sudah ada sebelumnya — maka dua kali seminggu akan direkomendasikan,” kata Ftacek seperti dikutip dari Reader's Digest. 

Ftacek juga merekomendasikan untuk punya dua set kuas, satu untuk riasan warna-warni dan satu lagi untuk riasan natural. Ini mencegah transfer warna dan memastikan kamu nggak perlu cuci kuas beberapa kali seminggu.

Cara mencuci brush makeup nggak sulit kok. Ada beberapa opsi yang bisa kalian pilih.

1617238303-bersihkan-brush---pinterest-every-market.jpgSumber: Bersihkan brush. (Pinterest/every market)

1. Sabun atau Shampoo Bayi

Sabun atau shampoo bayi bisa jadi 'deterjen' untuk membersihkan kotoran dan sisa makeup dari brush milikmu. Formulanya yang lembut juga nggak bikin bulu brush kamu rusak.

Caranya basahi bulu brush makeup kamu dengan air. Teteskan sabun atau shampoo bayi ke telapak tangan, lalu putar-putar brush di atas telapak tangan kamu. Lakukan sampai kamu rasa brush sudah bersih. Setelahnya tinggal bilas deh.

Ingat ya, bersihkannya di telapak tangan saja. Jadi jangan rendam brush makeup kamu dalam air. Yang ada bulu brush kamu malah rentan rontok.

2. Produk Pembersih Khusus Brush

Dengan banyaknya inovasi dalam produk kecantikan, maka sudah hadir juga brand makeup yang menyediakan produk pembersih khusus brush. Bentuknya bervariasi, ada yang liquid, ada juga yang bar. Cara mencucinya juga nggak jauh beda dengan pakai sabun atau shampoo bayi.

Kalau mau lebih praktis lagi, kalian tinggal cari pembersih brush makeup yang bentuknya spray. Tinggal semprot, dan voila, brush kamu bersih kembali.

Itu dia Urbanreaders waktu mencuci brush makeup yang tepat dan cara mencucinya. So, jangan malas bersihin brush makeup kamu ya!

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait