menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URamadan

Amalan Doa Hari Pertama Puasa Ramadan

Griska Laras,
26 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Amalan Doa Hari Pertama Puasa Ramadan
Image: Ilustrasi bulan Ramadan 1442 H/Freepik

Jakarta -   Ramadhan merupakan bulan suci dan penuh berkah, sebab pada bulan inilah Alquran pertama kali diturunkan. Allah SWT pun akan membuka pintu taubat bagi hambanya yang memohon ampun.

Seorang muslim yang bersemangat berdoa saat berpuasa karena Allah SWT akan mengabulkan doa orang-orang yang berpuasa, dalam diriwayatkan hadis Al Baihaqi:

" Ada tiga doa yang tidak tertolak: doa orang tua kepada anaknya, doa orang yang berpuasa dan doa musafir (orang yang dalam perjalanan)"

Hal yang sama juga terpengaruh dalam hadis riwayat At-Tirmidzi. Dalam hadis tersebut, mengucapkan doa orang berpuasa senantiasa dikabulkan oleh Allah SWT.

"Tiga orang yang tidak terhalang doanya, yaitu imam (pemimpin) yang adil, orang yang berpuasa hingga ia berbuka, dan doa orang yang terzalimi. Doa mereka dibawa ke atas awan dan dibukakan pintu langit

Berikut amalan doa yang bisa dibaca hari pertama puasa Ramadhan, lengkap dengan huruf latin dan artinya.  

اللهم اجعل صيامي فيه صيام الصائمين, وقيامي فيه قيام القائمين, ونبهني فيه عن نومة الغافلين, وهب لي جرمي فيه يا اله العالمين, واعف عني يا عافيا عن المجرمين

Allahummaj'al shiyami fihi shiyamash shaimin, waqiyami fihi qiyamalqaimin, wa nabbihni fihi 'an nawmatil ghafilin, wa habli jurmi fihi ya ilahal'alamin, wa'fu' anni ya 'fiyan' anil mujrimin.

Artinya: Ya Allah, jadikanlah puasa dan ibadahku di bulan ini seperti puasa orang-orang sejati, bangunkanlah aku di bulan ini dari kelelapan tidur orang-orang yang lupa, dan ampunilah segala kesalahanku. Wahai Tuhan semesta alam, dan ampunilah aku, wahai pengampun orang-orang yang mengurus.

Adapula doa yang dibaca di awal ibadah puasa ramadan agar senantiasa diberi kekuatan untuk menjalani puasa dan menahan nafsu serta amarah hingga waktu berbuka. Berikut bacaan doanya.  

وَبِصَوْمِ غَدٍ نَّوَيْتَ مِنْ شَهْرِ رَمَضَان

Wa bisawmi ghadinnawaiytu min shahri ramadhan

Artinya: Sesungguhnya saya niat untuk menjaga puasa hari ini di bulan Ramadan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait