Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Amazon Resmi Pensiunkan Alexa.com Per Mei 2022

Shinta Galih,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Amazon Resmi Pensiunkan Alexa.com Per Mei 2022
Image: Ilustrasi laptop. (Pixabay/Free-Photos)

Jakarta - Amazon akan resmi menutup Alexa.com per 1 Mei tahun 2022. Padahal situs ini banyak penggunanya.

Rencana penutupan tersebut diumumkan lewat laman resminya. Tim Alexa mengatakan bahwa keputusan ini bukanlah hal yang mudah karena Alexa.com telah beroperasi selama 25 tahun.

"Dua puluh lima tahun lalu, kami mendirikan Alexa Internet. Setelah dua dekade membantu Anda menemukan, menjangkau dan mengkonversi audiens digital Anda, kami membuat keputusan sulit untuk menghentikan Alexa.com pada 1 Mei 2022," kata tim Alexa.

"Terima kasih telah menjadikan kami sumber daya utama Anda untuk riset konten, analisis kompetitif, penelitian kata kunci dan banyak lagi. Kami bangga melayani Anda sebagai pelanggan. Terima kasih".

Alexa.com dikenal karena menampilkan peringkat situs yang ada di dunia. Penyusunannya menggunakan data lalu lintas web.

Setelah Mei 2022, anak usaha Amazon ini tidak akan lagi menyajikan update statistik situs internet per bulan. Selain itu tidak menampilkan lagi penelitian konten, analisis kompetitif, analisis keyword, dan lain sebagainya.

Pengguna sudah tidak bisa lagi melakukan layanan berlangganan dalam situs tersebut. Dalam laman Support, pihak Alexa mengatakan sudah menghentikan layanan berlangganan per 8 Desember 2021 UTC.

Sementara untuk yang sudah berlangganan masih akan aktif hingga 1 Mei 2022, dan setelah itu pengguna tidak punya akses lagi ke layanan tersebut.

Namun pengguna  bisa mengeksport data. Pihak perusahaan menawarkan untuk melakukannya lewat sejumlah tools dari Content Exploration, Site Audit, Competitot Keyword Matrix, Keyword Difficulty, On-Page SEO Checker, Competitor Backlink Checker, Audience Overlap, Audience Interest, Site Keywords, Site Screener, Site Comparisons, Sites Linking In, dan Workspace.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait