beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Amerika Serikat Selidiki Dampak TikTok pada Kesehatan Mental Anak Muda

Shinta Galih,
3 Maret 2022 13.45.38 | Waktu baca 1 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Amerika Serikat Selidiki Dampak TikTok pada Kesehatan Mental Anak Muda
Image: Ilustrasi ponsel dengan logo TikTok (Pixabay/Lorend_g)

Jakarta - Delapan negara bagian di Amerika Serikat berkolaborasi melakukan penyidikan akan dampak TikTok bagi kesehatan mental anak muda.

Penyelidikan ini dipimpin oleh koalisi bipartisan dari jaksa agung dari California, Florida, Kentucky, Massachusetts, Nebraska, New Jersey, Tennessee, dan Vermont. Mereka bakal mengukur seberapa andil TikTok dalam menimbulkan dampak kurang baik terhadap pengguna.

"Penyelidikan berfokus, antara lain, pada metode dan teknik yang digunakan oleh TikTok untuk meningkatkan keterlibatan pengguna muda, termasuk meningkatkan durasi waktu yang dihabiskan di platform dan frekuensi keterlibatan dengan platform," terang Jaksa Agung Massachusetts Maura Healey.

Selain TikTok, AS juga sebelumnya telah membuka penyelidikan terhadap Meta. Facebook dan Instagram diawasi ketat atas potensi dampak layanan mereka terhadap kesehatan mental dan keamanan pengguna muda.

Untuk diketahui Pemerintah AS memang cukup fokus pada dampak media sosial, khususnya buat pengguna muda. Presiden Joe Biden bahkan sempat membahas masalah kerusakan media sosial dalam pidato kenegaraannya di depan kongres pada Selasa (1/3).

Dia mengatakan bahwa masalah anak-anak sebelum pandemi adalah berjuang untuk eksis di aplikasi media sosial.

"Kita harus meminta pertanggungjawaban platform media sosial atas eksperimen nasional yang mereka lakukan pada anak-anak kita untuk mendapatkan keuntungan," katanya dalam menyerukan perlindungan privasi yang lebih kuat untuk anak-anak dan larangan iklan dengan target anak muda," ujarnya.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait