beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

AMSI Gelar ‘Indonesian Digital Conference 2022’, Bahas Perkembangan Industri Media

William Ciputra,
22 November 2022 10.49.21 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
AMSI Gelar ‘Indonesian Digital Conference 2022’, Bahas Perkembangan Industri Media
Image: Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut. (repro)

Jakarta - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) menyelenggarakan ‘Indonesia Digital Conference 2022’ yang akan berlangsung dua hari, yaitu Selasa dan Rabu, 22-23 November 2022. 

Mengusung tema ‘Web 3.0, Peluang Pengembangan Model Bisnis Era Digital’, IDC 2022 ini digelar dengan format hybrid yaitu offline dan online. 

Acara offline digelar di Hotel JS Luwansa, Jakarta dengan 150 peserta. Sementara acara online disiarkan melalui Zoom dan YouTube yang diikuti 1.000an peserta. 

Dalam pembukaan acara, Selasa (22/11/2022), Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut menyoroti tentang dilema yang dihadapi oleh media siber di Indonesia. 

Salah satunya adalah dilema terkait adsense dan tuntutan untuk menghadirkan laman website yang user friendly. 

Pria yang akrab disapa Wens ini lantas mengingatkan para anggota AMSI untuk tidak perang adsense yang akan membuat pembaca jadi bingung saat akan membaca informasi. 

“Kita perang adsense. Coba lihat halaman kita sendiri. Betapa kacaunya halaman kita karena ditutupi adsense dari kiri ke kanan, dari atas, dari bawah, akhirnya pembaca susah sekali melihat beritanya sebelah mana,” katanya, Selasa. 

Namun demikian, Wens menyadari pentingnya adsense bagi media siber. Pasalnya, ketika adsense dihilangkan, akibatnya media siber tidak mendapatkan traffic avenue pada websitenya. 

Untuk itu, AMSI rutin membahas persoalan dilema media siber ini dengan para stakeholder, termasuk Google, Facebook, dan Twitter. 

“Saya kira teman-teman sepakat dengan kita, industri (media siber) perlu kita sehatkan. Dari awal AMSI menyadari itu, maka kita bikin banyak pelatihan baik konten maupun bisnis,” katanya. 

Masih kata Wens, IDC 2022 yang diselenggarakan AMSI kali ini bertujuan untuk melihat hasil dari pelatihan-pelatihan yang sudah diselenggarakan selama ini. 

Indonesia Digital Conference 2022 dibuka oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM), Teten Masduki yang hadir secara langsung dan menekan tombol pembukaan IDC 2022. 

Dalam penyelenggarannya, IDC 2022 akan diselenggarakan dalam 6 sesi yang membahas banyak hal, mulai dari menyambut metaverse, industri media di era web 3.0, industri telekomunikasi di era web 3.0, hingga optimalisasi 1st party data dan perlindungan data pribadi. 

Selain itu, ada pula kegiatan lain di sela-sela IDC, yaitu penandatanganan memorandum of understanding (Mou) antara AMSI dengan Huawei, serta launching agensy AMSI. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait