beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Anak Muda Pilih TikTok Ketimbang Google untuk Cari Informasi

Shinta Galih,
18 Juli 2022 12.34.58 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Anak Muda Pilih TikTok Ketimbang Google untuk Cari Informasi
Image: Ilustrasi Tiktok (Pixabay/antonbe)

Jakarta - Banyak yang beranggap TikTok menjadi ancaman YouTube. Ternyata lebih dari itu, layanan berbagi video pendek ini kini jadi pesaing berat Google.

Senior Vice President Google, Prabhakar Raghavan mengungkap bahwa anak-anak muda saat ini lebih pilih bertanya ke TikTok dan Instagram ketimbang lewat ‘Mbah Google’.

“Dalam penelitian kami, hampir 40 persen anak muda ketika mereka mencari tempat untuk makan siang, mereka tidak membuka Google Maps atau Search. Mereka justru mencarinya ke TikTok atau Instagram," ungkap Raghavan.

Penelitian Google dilakukan pada pengguna di Amerika Serikat yang berusia 18 hingga 24 tahun.
Hasil penelitian memang belum dipublikasikan, tapi bakal segera terbit bersama data-data lain.

Pun Raghavan sedikit memberikan sejumlah bocoran. Dia mengungkap anak muda cenderung tidak mengetik info sesuai kata kunci. Mereka menemukan konten dengan cara baru yang lebih mendalam.

“Kalangan muda lebih tertarik pada pencarian dan penemuan dengan visual lebih kaya. Jadi informasi itu tak hanya terbatas pada tempat makan,” terangnya.

Melihat hasil tersebut, perusahaan kini mencari cara menggabungkan gambar dan teks pada Google Search. Langkah ini menyiapkan diri akan kemungkinan pengguna mencari informasi melalui kacamata AR.

Namun untuk saat ini, Google Search menampilkan hasil penelusuran dalam bentuk video yang diunggah di TikTok maupun Instagram.

Google turut  memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk menganalisis video di web untuk mengarahkan pengguna ke hasil pencarian lebih beragam.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait