Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Apa Itu NFC? Berikut Fungsi dan Cara Kerjanya

Elga Nurmutia,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Apa Itu NFC? Berikut Fungsi dan Cara Kerjanya
Image: Ilustrasi NFC. (Freepik/fanjianhua)

Jakarta - Apa itu NFC? NFC ini adalah singkatan dari Near Field Communication. Rupanya, fitur NFC ini perlu dua perangkat kompatibel untuk transmitter dan juga penangkap sinyal. Artinya, membutuhkan satu transmitter dan satu penangkap sinyal.

NFC ini memanfaatkan induksi dari elektromagnetik untuk mengirim dan juga  menerima data melalui gelombang radio melalui kecepatan tinggi. Dalam mengaktifkannya, kamu cukup masuk ke menu Settings> Connection & sharing, lalu aktifkan NFC.

Adapun, fungsi dari teknologi yang dihadirkan oleh NFC yang bisa kamu manfaatkan, sebagai berikut:

  • Menghubungan Handphone untuk Wireless Router, Headset dan juga Speaker
  • Melakukan Transfer atau Pengiriman File
  • Memberikan Tanda bagi Lokasi Suatu Tempat
  • Memberikan Informasi untuk Smart Card
  • NFC Tag
  • Menggunakan NFC untuk pembayaran Cashless

Sementara itu, cara kerja dari NFC sebagai berikut:

1. Mode Emulasi Kartu

Mode emulasi kartu ini merupakan teknologi NFC dalam mengalih fungsikan kartu biasa masyarakat pakai, seperti kartu debit/kredit, kartu transportasi, bahkan kartu hotel.

Jadi, setiap fungsi yang terdapat kartu biasa dijadikan satu melalui Smartphone. Kamu bisa melakukannya dengan tap smartphone untuk bisa melakukan pembayaran atau bahkan untuk masuk ke pintu hotel dengan satu kali tap saja.

2. Mode Pembaca

Mode pembaca yang terdapat pada NFC biasanya digunakan di poster konser. Bagi pengguna yang membeli tiket pertunjukan ataupun konser hanya perlu tap smartphone di poster konser tersebut. 

Mengapa bisa demikian? Karena chip terdapat di dalam poster konser. Setelah itu, jika dilakukan tap akan langsung terintegrasi dengan NFC, dan akan masuk ke halaman web yang disediakan.

3. Mode Peer to Peer

Dalam mode Peer to Peer, pengguna bisa melakukan bagi-bagi data di antara pengguna smartphone maupun tablet. Proses pengiriman dan penerimaannya pun akan berlangsung cepat.

Nah, itu dia informasi seputar NFC yang bisa Urbanasia sampaikan. Semoga bermanfaat!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait