beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URedu

Apa Itu Serealia? Ini Contoh dan Jenisnya

Kintan Lestari,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Apa Itu Serealia? Ini Contoh dan Jenisnya
Image: Ilustrasi serealia. (Freepik/zirconicusso)

Jakarta - Adakah yang tahu serealia? Kalau sereal bagaimana? Yap, kalian mungkin lebih familiar dengan istilah sereal kan. Nah, daripada bingung yuk kita bahas soal serealia di bawah ini!

Pengertian Serealia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), serealia adalah tanaman rumput-rumputan yang bijinya digunakan sebagai makanan manusia, seperti padi dan gandum. 

Dari pengertian tersebut, singkatnya serealia adalah tanaman yang bijinya bisa dikonsumsi. Serealia juga lebih dikenal dengan nama sereal (cereal). 

Contoh Jenis Serealia

Kini Urbanreaders  sudah tahu kan apa itu serealia. Maka dari itu, yuk kita beralih ke contohnya supaya kalian lebih paham mengenai tanaman ini. 

Berikut contoh jenis serealia seperti dilansir dari Food and Agriculture Organization of the United Nations:

1. Jagung

1632994220-sirup-jagung-tinggi.jpegSumber: Sirup Jagung Tinggi Fruktos. (Ilustrasi/Freepik)

Jagung ditanam secara luas di seluruh dunia dan memiliki produksi tertinggi dari semua serealia dengan 817 juta ton diproduksi pada tahun 2009. Ini adalah makanan pokok yang penting di banyak negara, serta digunakan dalam pakan ternak dan banyak aplikasi industri. Tanaman ini memiliki variabilitas genetik yang luar biasa, yang memungkinkannya tumbuh subur di iklim tropis, subtropis, dan sedang.

2. Beras

1603763970-tepung-beras.jpgSumber: Tepung Beras (Freepik)

Beras adalah makanan pokok bagi lebih dari separuh penduduk dunia dan memiliki produksi sereal terbesar kedua setelah jagung dengan lebih dari 685 juta ton yang tercatat pada tahun 2008.  Cina, India, Indonesia, dan Pakistan adalah produsen terbesar. Budidaya padi membutuhkan lebih banyak air daripada sereal lainnya dan lebih padat karya.

3. Gandum

1660122416-gandum.jpgSumber: Ilustrasi gandum. (Freepik/bedneyimages)

Gandum ditanam secara luas di seluruh dunia dalam kondisi iklim yang beragam dan telah menjadi makanan pokok peradaban besar di Eropa, Asia, dan Afrika Utara selama 8.000 tahun. Pada tahun 2007, gandum adalah sereal ketiga yang paling banyak diproduksi setelah jagung dan beras dengan produksi dunia lebih dari 600 juta ton. Gandum juga digunakan untuk memproduksi bahan pakan ternak, pati dan etanol.

4. Gandum Barley

1660122408-gandum-barley.jpgSumber: Ilustrasi gandum barley. (Freepik/jcomp)

Gandum barley menempati urutan keempat dalam produksi sereal, dengan produksi dunia sebesar 136 juta ton pada tahun 2007. Tanaman ini membutuhkan iklim sedang; daerah tumbuh utama adalah Eropa dan Federasi Rusia tetapi juga merupakan tanaman yang berharga dan tangguh di daerah kering dan semi-kering di Asia, Timur Tengah dan Afrika Utara. Gandum barley terutama digunakan sebagai tepung untuk konsumsi manusia, dalam pakan ternak dan sebagai malt dalam minuman beralkohol.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait