beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Apa Itu Empty Sella Syndrome? Penyakit Langka yang Diderita Ruben Onsu

Fitri Nursaniyah,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Apa Itu Empty Sella Syndrome? Penyakit Langka yang Diderita Ruben Onsu
Image: Instagram/ruben_onsu

Jakarta - Presenter Ruben Onsu didiagnosis mengidap penyakit langka, Empty Sella Syndrome. Ia juga didiagnosis menderita penyumbatan pada sumsum tulang belakang.

Suami Sarwendah itu pun menjalani pengobatan di Singapura. Katanya, berdasarkan tes MRI, terdapat bercak putih pada bagian otak, serta ada penyakit Empty Sella Syndrome yang bersarang di dalam tubuhnya.

"Kemarin itu aku sudah MRI. Jadi, ada bercak-bercak putih di bagian otak. Dan yang kedua juga ada Empty Sella Syndrome," kata Ruben Onsu.

Empty Sella Syndrome yang diderita Ruben Onsu dikenal sebagai penyakit langka. Berikut rangkuman Urbanasia terkait Empty Sella Syndrome.

Pengertian, Gejala, dan Penyebab Empty Sella Syndrome

Melansir laman rarediseases.org, Rabu (27/7/2022), Empty Sella Syndrome adalah kelainan langka yang ditandai dengan pembesaran atau malformasi struktur pada tengkorak atau disebut sella turcica.

Sella turcica adalah lekukan yang terletak di tulang dasar tengkorak dan terdapat kelenjar hipofisis di dalamnya. Untuk kasus Empty Sella Syndrome, sella turcica pasien sebagian diisi dengan cairan serebrospinal dan kelenjar hipofisis yang sangat kecil, atau sama sekali tidak terdapat kelenjar hipofisis di dalamnya (artinya sella benar-benar kosong).

Empty Sella Syndrome adalah kelainan yang belum diketahui apa penyebabnya. Melansir laman hopkinsmedicine, penyebab sekunder dari syndrome ini bisa disebabkan oleh cedera, terapi radiasi, atau pembedahan. Disebutkan bahwa Empty Sella Syndrome bukan penyakit mematikan.

Pasien Empty Sella Syndrome berpotensi memiliki kelainan yang berpengaruh pada penglihatan dan penurunan fungsi hipofisis.

Adapun gejala Empty Sella Syndrome adalah impotensi pada pria, kurangnya keinginan untuk berhubungan seks, menstruasi tidak teratur pada wanita, gejala penyakit ini bervariasi pada setiap pasiennya.

Penyakit ini terdeteksi pada seseorang jika pasien melakukan CT-scan dan MRI.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait