menu
user
URtech

Apple Pensiunkan Speaker Pintar HomePod, Kenapa?

Afid Ahman,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Apple Pensiunkan Speaker Pintar HomePod, Kenapa?
Image: Speaker Pintar HomePod. (Apple)

Jakarta - Tak selamanya produk besutan Apple laku di pasaran, salah satunya HomePod. Karena itu speaker pintar ini dipensiunkan alias tidak diproduksi lagi.

Sebagai gantinya mereka akan fokus pada produksi HomePod Mini yang diperkenalkan tahun lalu. 

Perangkat ini punya kemampuan yang sama dengan HomePod. Namun HomePod Mini dijual jauh lebih murah sehingga lebih laku di pasaran.

“HomePod mini telah menjadi hit sejak debutnya musim gugur lalu, menawarkan pelanggan suara yang luar biasa, asisten cerdas, dan kontrol rumah pintar semuanya hanya dengan US$ 99 (Rp 1,4 juta),” ujar Apple kepada laman TechCrunch.

“Kami memfokuskan upaya kami pada HomePod mini. Kami menghentikan HomePod asli, dan akan terus tersedia selama persediaan masih ada melalui Apple Online Store, Apple Retail Store, dan Apple Authorized Reseller,” lanjutnya.

Meski memutuskan menghentikan produksi, Apple memastikan akan memberikan pelanggan HomePod pembaruan dan layanan serta dukungan perangkat lunak melalui Apple Care.

HomePod versi original diluncurkan sekitar empat tahun yang lalu, Pengeras suara pintar HomePod dilengkapi asisten digital Siri yang bisa digunakan untuk mengontrol perangkat pintar di rumah.

HomePod sendiri dikembangkan Apple selama lebih dari lima tahun. Untuk mencapai perkembangannya, tim di Apple membangun pusat pengembangan di dekat kantor pusatnya di Cupertino. 

Tidak tanggung-tanggung, pusat pengembangan tersebut berstandar kelas dunia yang dilengkapi selusin ruang anechoic. Menurut para pengaman ini termasuk salah satu ruang anechoic yang lebih besar di luar penggunaan akademis di AS.

Sayangnya lantaran dibanderol mahal, yakni seharga US$ 300 (Rp 4,3 juta), adopsi HomePod terbilang kurang. Sehingga Apple di belakang pesaingnya.

Tapi berkat adanya HomePod Mini, perusahaan yang dikomandoi Tim Cook ini siap menyaingi Google Nest Mini dan Amazon Echo yang populer di pasaran.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait