Jakarta - Apple coba menambah keuntungan yang diterima pada developer kecil. Upaya yang dilakukan dengan memangkas komisi dari aplikasi mereka di App Store.

Raksasa teknologi asal Cupertino itu mengatakan pengembang yang menghasilkan penjualan kurang dari US$ 1 juta hanya akan dikenakan komisi 15% saja. 

Sebelumnya Apple memukul rata untuk setiap deveoper dengan mengambil komisi 30% dari penjualan.

Kebijakan baru ini direncanakan berlaku 1 Januari mendatang. 

“Bisnis kecil adalah tulang punggung ekonomi global, jantung inovasi, serta peluang bagi komunitas di seluruh dunia. Kami meluncurkan program ini untuk membantu mereka,” kata Tim Cook, CEO Apple. 

Program baru ini tentunya akan memberi angin segar bagi para developer kecil dan indie. Namun tidak akan menyudahi protes ketidakpuasan atas kebijakan komisi 30% yang diberlakukan Apple.

Seperti diketahui beberapa pengembang, seperti Epic Games, Spotify, Deezer, Tile dan Match Group, bersatu dan membentuk kelompok bernama Coalition for App Fairness guna melawan kebijakan Apple.

Mereka mendorong agar perusahaan pembuat iPhone itu menciptakan level yang setara untuk bisnis aplikasi, serta memberikan orang-orang kebebasan untuk memilih di perangkatnya. Perselisihan Apple dan para developer tersebut sudah masuk ke pengadilan.

Komentar
paper plane