menu
user
URnews

Aprilia Manganang Resmi Ganti Nama Baru Aprilio Perkasa Manganang

Anisa Kurniasih,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Aprilia Manganang Resmi Ganti Nama Baru Aprilio Perkasa Manganang
Image: Aprilio Perkasa Manganang mengikuti jalannya sidang di Mabes TNI AD, Jalan Veteran, Gambir, Jakarta Pusat dengan didampingi oleh Jenderal Andika Perkasa. (ANTARA)

Jakarta - Setelah menjalani operasi karena mengalami kelainan medis hipospadia, Serda Aprilia Manganang resmi mengajukan pergantian nama di pengadilan. 

Mantan atlet voli berusia 28 tahun itu memutuskan untuk mengubah identitas, termasuk nama dan kelaminnya menjadi laki-laki. 

Aprilia menjalani persidangan pergantian jenis kelamin dan nama dengan Pengadilan Negeri (PN) Tondano, Manado, Jumat (19/3/2021) pagi secara virtual.

Selaku pemohon, ia mengikuti jalannya sidang di Mabes TNI AD, Jalan Veteran, Gambir, Jakarta Pusat dengan didampingi oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Andika Perkasa.

Dalam sidang tersebut, pihak yang diberi kuasa membacakan alasan-alasan dan permohonan kepada hakim mengenai pergantian nama dan status jenis kelamin.

 Manganang diketahui mengajukan nama baru yakni Aprilio Perkasa Manganang. Permohonan itu pun akhirnya dikabulkan oleh  hakim PN Tondano.

"Hasil persidangan kami menyatakan Aprilia Mangananang kini resmi berganti jenis kelamin menjadi laki-laki. Nama Aprilia Santini Manganang kini telah resmi diganti menjadi Aprilio Perkasa Manganang," ucap hakim persidangan. 

Dalam persidangan yang berlangsung virtual itu, kedua orangtua Aprilia Manganang hadir untuk menjadi saksi. Beberapa pertanyaan pun dilontarkan oleh hakim persidangan.

Seperti halnya sejak lahir Aprilia Manganang berjenis kelamin apa, sewaktu kecil diperlakukan sebagaimana wanita atau laki-laki, dan apakah Aprilia Manganang pernah mempertanyakan jenis kelaminnya. Semua pertanyaan tersebut pun mampu dijawab dengan baik oleh kedua orangtuanya.

Selain kedua orang tua, Aprilia Manganang sebagai pemohon juga menghadirkan dua ahli, yakni Bagus Sulistyo Budi dan Guntur. Kedua ahli itu adalah spesialis ahli bedah dan kejiwaan.

Dengan keterangan para ahli dan saksi itulah pada akhirnya Pengadilan Negeri Tondano meresmikan Aprilia Manganang kini berganti jenis kelamin yang awalnya perempuan, kini menjadi laki-laki.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait