Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

ARMY Wajib Tahu! Ini Dia Perbedaan Suga BTS dan Agust D

Indi Lusiani,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
ARMY Wajib Tahu! Ini Dia Perbedaan Suga BTS dan Agust D
Image: Suga BTS. (Instagram @bts.bighitofficial)

Jakarta - Setelah debut menjadi member BTS, di tahun 2016, Min Yoongi atau yang lebih dikenal dengan nama panggung sebagai Suga BTS memperkenalkan dirinya sebagai Agust D dengan merilis mixtape solo pertama bertajuk ‘Agust D’, guys. 

Dalam karier bermusik, Suga BTS dikenal mempunyai ciri khasnya tersendiri. Ketika bersama boyband BTS, ia disebut sebagai Suga, namun saat merilis karya solonya dia lebih dikenal dengan nama Agust D.

Namun, Urbanreaders sudah tahu belum sih perbedaan dari Suga BTS dengan Agust D? 

Agust D berasal dari nama Suga yang dibalik menjadi Agus. Sementara TD merupakan kebalikan dari DT yang merupakan akronim dari Daegu Town, kota kelahiran Suga. Dua kata tersebut lantas digabungkan menjadi Agust D yang nggak lain menjadi nama mixtape sekaligus alter ego Suga BTS, guys.

Mengutip dari sebuah wawancara Suga BTS dengan majalah Time, perbedaan nama tersebut ternyata memengaruhi musik yang diciptakannya, loh. 

Di dalam lagu-lagu BTS, Suga akan menulis lirik dengan tema yang jujur. Sementara dengan nama Agust D, ia akan memberikan lagu dengan lirik yang frontal dan ‘blak-blakan’ tanpa filter. Nggak heran kalau Agust D disebut ARMY (sebutan fandom BTS) sebagai kepribadian yang ‘ceplas-ceplos’ atau King of Savage.

“Perbedaannya adalah (dengan Agust D) saya jauh lebih ekspresif dan menunjukkan sisi yang lebih liar,” kata Suga dalam wawancara dengan TIME pada Jumat (22/5/2020) lalu. 

Meskipun memiliki karakter yang berbeda dalam dua nama itu, lagu yang ditulis Suga sebagai BTS atau pun Agust D memiliki kesamaan yakni bercerita tentang mimpi dan harapan.

“Keduanya menyanyikan impian dan harapan,” lanjut Suga.

Selain merilis mixtape bertajuk ‘Agust D’, kini Suga juga telah mengeluarkan mixtape solo keduanya bertajuk ‘D-2’ yang dirilis pada 22 Mei 2020 lalu. 

Mixtape ini disebut-sebut sebagai peralihan dari mixtape pertama karena nuansa lagu-lagu utamanya mempunyai kesinambungan. 

Sama seperti mixtape ‘Agust D’, ‘D-2’ terdiri atas sepuluh lagu yang mana semuanya diproduseri oleh musisi ternama dan juga Suga sendiri. 

Kesepuluh lagu itu adalah Moonlight, What do you think?, 28, Burn it, People, Honsool, Interlude: Set me free, Dear My Friend, Strange, dan Daechwita.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait