beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URsport

Atlet Ice Skating Jepang Yuzuru Hanyu Umumkan Pensiun

Ahmad Sidik,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Atlet Ice Skating Jepang Yuzuru Hanyu Umumkan Pensiun
Image: Instagram/@yuzuruhanyu_1994

Jakarta - Ikon skating Jepang Yuzuru Hanyu menyatakan pensiun dari dunia ice skating pada hari Selasa (19/7). 

Setelah gagal mendapat medali emas ketiganya secara berturut-turut di Olimpiade Beijing pada Februari lalu, juara dunia berusia 27 tahun itu tidak bisa memastikan kariernya di masa depan sebagai skater.

"Saya tidak akan bisa lagi dibandingkan dengan pesaing lain, tapi aku akan terus melawan kelemahanku dan diriku di masa lalu," kata Hanyu, mengutip laman Kyodo News, Rabu (20/7/2022).

"Dalam hal hasil, saya telah mencapai semua yang bisa saya capai. Saya berhenti, ingin dievaluasi." sambungnya.

Sebagai informasi, Hanyu adalah pemenang empat Grand Prix Final berturut-turut dari 2013 dan juara nasional enam kali. Kemudian ia mengundurkan diri dari kejuaraan dunia pada Maret karena alasan kesehatan.

Ia pernah mencetak sejarah raih medai emas Olimpiade di Pyeongchang Games 2018, menandakan yang pertama meraih prestasi setelah 66 tahun, sejak American Dick Button. Hanyu kemudian menjadi penerima Penghargaan Kehormatan Rakyat pemerintah Jepang termuda. Saat itu usianya baru 23 tahun.

"Saya telah memikirkan banyak hal dan merasa saya tidak perlu lagi berada di panggung yang sama," ucapnya.

Hanyu memulai olahraga pada usia 4 tahun, dan sukses menginspirasi para korban gempa bumi juga tsunami 2011 dengan kemenangannya di Sochi Games 2014.

Menariknya, ia menjadi skater figur pria pertama bukan dari Eropa atau Amerika Serikat yang memenangkan kompetisi Olimpiade.

Di sisi lain, Hanyu juga memiliki bakat koreografi yang membuatnya terjun ke musik klasik, musik Jepang hingga rock selama kariernya.

Hanyu mengungkapkan bahwa dia bisa saja berhenti berkompetisi setelah kemenangan Olimpiade pada Februari 2018, akan tetapi, dia terus berjuang untuk memenangkan Kejuaraan Empat Benua. Hasilnya pada tahun 2020, figur skating Jepang itu menyapu semua gelar utama dalam olahraga.

"Ada rencana yang sedang berjalan, tetapi saya menahan diri untuk tidak memberi Anda detailnya," katanya. 

"Saya akan menghargai nilai olahraga skating sebagai atlet profesional sambil mengejar cita-cita saya," tuturnya. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait