beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Autopsi Ulang Brigadir J Dilakukan oleh Dokter Forensik Independen

Ahmad Sidik,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Autopsi Ulang Brigadir J Dilakukan oleh Dokter Forensik Independen
Image: Polda Jambi menyiapkan lokasi autopsi ulang jenazah Brigadir J di RSUD Sungai Bahar, Muaro Jambi. (PMJ News)

Jakarta - Proses autopsi ulang jenazah Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J dilakukan oleh sejumlah dokter forensik dari pihak eksternal di RSUD Sungai Bahar, Jambi, Rabu (27/7/2022).

“Proses autopsi ulang ini dilakukan oleh tim eksper (ahli) dari Perhimpunan Kedokteran Forensik Indonesia, yang sudah melakukan asesmen terhadap dokter-dokter yang ikut melaksanakan autopsi ulang dari berbagai rumah sakit dan universitas,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo, mengutip PMJ News, Rabu (27/7).

Dedi menyebut proses ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengungkap kasus tewasnya Brigadir J.

“Kegiatan ini sebagai bentuk komitmen dari Bapak Kapolri sesuai dengan arahan Bapak Presiden agar kasus ini dibuka secara terang benderang,” jelasnya.

Menurut Dedi, tim dokter forensik melaksanakan autopsi ulang ini secara independen dan parsial, sehingga tidak dapat diintervensi oleh pihak manapun.

“Artinya bahwa hasil autopsi ulang yang dilaksanakan hari ini memiliki dua konsekuensi, konsekuensi pertama dari sisi keilmuan harus betul-betul sahih dan bisa dipertanggungjawabkan,” terangnya.

Dengan itu, hasil autopsi ulang juga diharapkan dapat memenuhi rasa keadilan, serta memberikan tambahan bukti bagi penyidik tim khusus.

“Konsekuensi yang kedua, karena ini dalam rangka keadilan dilaksanakan oleh pihak yang berwenang dan oleh kedokteran forensik ini harus memiliki konsep yuridis,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, telah dilakukan ekshumasi makam jenazah Brigadir J dari lokasi Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sungai Bahar Unit 1 Kabupaten Muaro Jambi.

Pembongkaran makam diiringi doa oleh seorang pendeta, yang juga dihadiri pihak keluarga almarhum Brigadir J, seperti kedua orang tua, adik, kakak dan keluarga besar.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait