beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Awas! 3 Kesalahan dalam Skincare Ini Bikin Kulitmu Iritasi

Kintan Lestari,
14 Juli 2022 20.22.11 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Awas! 3 Kesalahan dalam Skincare Ini Bikin Kulitmu Iritasi
Image: Mengatasi Iritasi. (Foto: doucefleur)

Jakarta - Masalah iritasi sering terjadi pada kulit, terutama mereka yang kulitnya sensitif. Penyebab kulit iritasi pun beragam, salah satunya adalah karena produk skincare.

Kita memakai skincare pada dasarnya kan untuk merawat atau memperbaiki kulit, tapi nyatanya skincare bisa juga mengiritasi kulit. Hal itu terjadi bisa karena ada kandungan dalam skincare yang nggak cocok di kulitmu. Bisa juga karena kandungan produknya terlalu keras.

Jadi sebenarnya kulit iritasi akibat skincare dipicu banyak hal. Nah, daripada penasaran terus, simak nih 3 kesalahan dalam skincare yang bikin kulit iritasi.

1. Over Eksfoliasi

1621843957-pexels-polina-kovaleva-6543263.jpgSumber: Kulit Butuh Eksfoliasi (Pexels/PolinaKovaleva)

Sel kulit mati, kotoran, dan minyak yang menumpuk di wajah bisa bikin kulit kusam dan jadi pemicu munculnya jerawat atau komedo. Maka dari itu, perlu banget kita lakukan eksfoliasi untuk menghilangkan semua kotoran yang ada di wajah. Tapi ingat, eksfoliasi baiknya dilakukan 1-2 kali seminggu.

Kamu mungkin berpikir biar kulit wajah bersih, kamu jadi eksfoliasi setiap hari. Jangan pernah lakukan ini ya. Alih-alih kulitmu bersih dan bebas masalah kulit, yang ada justru kulitmu jadi iritasi.

2. Pakai Banyak Bahan Aktif

1592386342-skin-care.jpgSumber: Ilustrasi skincare. (Freepik)

Produk skincare yang mengandung bahan aktif di dalamnya akan bekerja dengan baik pada kulit. Tapi kalau bisa sih jangan semua produk yang kamu pakai ada bahan aktifnya ya. Gunakan 1-2 produk saja dengan bahan aktif. Lalu periksa juga apakah bahan aktif dalam produk skincaremu akan saling bertentangan atau tidak.

Misalnya, produk dengan retinol dan asam alfa hidroksi (AHA) jangan dipakai bersama-sama karena dapat menyebabkan perih, kemerahan, pengelupasan. Tetapi bila kamu pakai terpisah, mereka memiliki efek hebat terutama untuk kulit kering, membantu mencerahkan, mengenyalkan, dan menghaluskannya.

3. Salah Pilih Produk

1594540420-share-in-jar.jpgSumber: Ilustrasi skincare. (freepik)

Untuk orang dengan kulit sensitif, produk skincare yang mengandung alkohol, wewangian, retinoid, atau asam alfa-hidroksi (AHA) sangat dilarang. Pasalnya bahan aktif dalam krim, losion, dan pembersih ini dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan reaksi yang kuat, terutama jika kamu memakai lebih dari satu produk dalam satu waktu. 

Untuk mencegah timbul iritasi, baiknya pemilik kulit sensitif mencari produk yang tidak ada kandungan alkohol, parfum, atau bahan aktif keras lainnya. 

Itu dia 3 kesalahan dalam skincare yang bikin kulitmu iritasi. Semoga informasinya bermanfaat untukmu, Urbanreaders!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait