Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
Beautydoozy

7 Cara Mengatasi Iritasi Setelah Bercukur

Kintan Lestari,
8 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
7 Cara Mengatasi Iritasi Setelah Bercukur
Image: Ilustrasi bercukur. (Freepik/gpointstudio)

Jakarta - Urbanreaders, siapa nih yang sehabis cukuran terus area kulit kalian jadi gatal, kemerahan, atau bahkan perih? Tanda-tanda tadi disebut dengan razor burn atau iritasi kulit setelah bercukur.

Razor burn akibat bercukur bisa terjadi di area tubuh manapun yang dicukur, seperti wajah, area kemaluan, kaki, dan ketiak. Tandanya pun bermacam-macam, seperti muncul ruam, kemerahan, gatal, bengkak, sensasi terbakar, sampai muncul benjolan merah kecil. 

Hal tersebut disebabkan beberapa faktor, seperti bercukur tanpa menggunakan krim cukur, memakai pisau cukur yang tumpul, mencukur ke arah berlawanan dari arah bulu tumbuh, sampai mencukur terlalu cepat.

Kondisi tersebut tentunya membuat orang yang mengalaminya tidak nyaman. Tapi tenang, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan kok untuk mengatasi razor burn.

Melansir dari Medical News Today, berikut 7 cara untuk mengatasi razor burn setelah bercukur.

1. Diamkan

1616233862-hitam---freepik-deucefleur.jpgSumber: Ilustrasi ketiak. (Freepik/deucefleur)

Kondisi tersebut sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya. Jadi yang bisa kamu lakukan ya hindari menyentuh area yang iritasi tersebut. 

2. Kompres Dingin

1616233870-rambut-tumbuh-dalam---freepik-nensurla.jpgSumber: Masalah ketiak (Freepik/nensurla)

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk meringankan iritasi yang terjadi setelah bercukur bisa dengan mengompres menggunakan handuk basah yang dingin di area yang mengalami iritasi guna mengurangi rasa gatal dan peradangan.

3. Oleskan Cairan Astringent

1596763623-hiperpigmentasi.jpgSumber: Penyebab ketiak hitam. (Freepik)

Astringent merupakan produk perawatan kulit berbasis air. Astringent alami pun bisa digunakan untuk mengatasi rasa terbakar setelah bercukur karena dapat mengurangi peradangan dan kemerahan.

Adapun contoh astringen alami yang banyak digunakan di antaranya cuka sari apel, tea tree oil yang sudah dicampur air, atau ekstrak witch hazel. Semua astringent alami itu bisa diaplikasikan langsung ke kulit yang iritasi atau bisa ditambahkan ke kompres dingin.

4. Pakai Gel Lidah Buaya

ilustrasi-lidah-buaya-pixabay.jpgSumber: Ilustrasi lidah buaya. (Pixabay)

Tanaman satu ini sering banget digunakan dalam ritual kecantikan karena punya banyak manfaat, salah satunya untuk mengatasi razor burn. 

Pasalnya lidah buaya terkenal dengan kemampuan soothing atau menenangkannya. Enzim tertentu dalam tanaman lidah buaya juga bisa mengurangi peradangan saat dioleskan ke kulit.

5. Mandi Oatmeal

1619574236-perawatan-siku-dan-lutut-2--freepik.jpgSumber: Oatmeal/Freepik

Selain mengenyangkan dan menyehatkan, oatmeal juga baik untuk kulit. Oatmeal punya sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang bisa mengatasi peradangan akibat rasa terbakar setelah bercukur.

Menambahkan oatmeal ke bak mandi berisi air hangat atau langsung menggunakan produk mandi berbahan dasar oatmeal dapat membantu meredakan gejala iritasi akibat pisau cukur, terutama di area kemaluan atau kaki.

6. Oleskan Pasta Baking Soda

1615017815-baking-soda---freepik-chandlervld85.jpgSumber: baking soda (Freepik/chandlervld85)

Baking soda atau soda kue juga bisa loh membantu mengatasi razor burn. Caranya tinggal campurkan secangkir air dengan 1 sendok makan soda kue dan oleskan ke kulit menggunakan kapas. 

Setelah campuran mengering, bilas. Ulangi hingga dua kali sehari sampai gejala hilang. Atau bisa juga tuangkan 1 cangkir soda kue ke bak mandi berisi air hangat untuk meredakan gejala iritasi.

7. Pakai Produk yang Mengatasi Razor Burn

1596763615-mencukur.jpgSumber: Penyebab ketiak hitam. (Freepik)

Kalau kamu malas dengan cara-cara alami yang disebutkan di atas, kamu cukup membeli produk siap pakai yang fungsinya memang mengatasi razor burn. Contohnya bisa lotion aftershave, atau bisa jadi baby oil.

Itu dia Urbanreaders beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi razor burn atau iritasi setelah bercukur. Mudah kan cara-caranya? Selamat mencoba!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait