beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Awas! 4 Kandungan Ini Bikin Kulit Makin Mudah Berjerawat

Izzah Putri Jurianto,
20 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Awas! 4 Kandungan Ini Bikin Kulit Makin Mudah Berjerawat
Image: Jerawat di hidung (Pexels/ron-lach)

Jakarta - Beberapa orang dianugerahi dengan kulit yang bersih dan bebas dari berbagai permasalahan kulit. Sementara itu, ada pula orang yang punya jenis kulit acne prone, yakni tipe kulit yang sensitif dan mudah berjerawat

Jenis kulit yang satu ini cukup sulit dalam perawatannya. Sebab, produk-produk skincare yang ada di pasaran tidaklah selalu ramah untuk kulit acne prone. Bahkan, ada beberapa kandungan tertentu dalam skincare yang harus dihindari oleh pemilik jenis kulit ini karena berpotensi membuat kondisi kulit tak kunjung sembuh. Yuk, simak penjelasan selengkapnya dari Urbanasia. 

1. Benzophenones

Pertama, kulit acne prone sebisa mungkin harus menghindari skincare yang mengandung benzophenones. Umumnya, kandungan ini dapat ditemukan pada sunscreen. 

Fungsi dari benzophenones adalah sebagai filter UV yang melindungi kulit dari sinar matahari. Sayangnya, benzophenones yang juga dikenal dengan nama oxybenzone dan avobenzone, cenderung membuat pori-pori tersumbat, sehingga tidak cocok untuk kulit acne prone

2. Ethylhexyl Methoxycinnamate

Ethylhexyl methoxycinnamate, sama seperti benzophenones, banyak ditemukan di produk sunscreen. Fungsi utamanya ada menyerap sinar UVB sekaligus menjaga keawetan produk sunscreen dengan melindunginya dari sinar matahari. 

Meski begitu, kandungan tersebut beresiko membuat pori-pori tersumbat, apalagi kulit acne prone yang asalnya memang sensitif. Oleh karena itu, telitilah dan tandai kandungan ini ketika kamu sedang memilih sunscreen. 

3. Beeswax

Masih membicarakan produk sunscreen, ada pula kandungan beeswax yang kurang aman untuk kulit acne prone. Beeswax yang bisa didapatkan dari lilin lebah bekerja dengan cara membuat lapisan pelindung pada kulit. 

Sebenarnya, beeswax cukup berkhasiat bagi kulit, seperti melembabkan kulit dan melembutkan bibir. Meski begitu, kandungan ini dapat mengundang reaksi alergi pada jenis kulit tertentu, salah satunya yakni kulit acne prone

4. Alkohol, Menthol, Peppermint, dan Eucalyptus 

Skincare dengan kandungan menthol, eucalyptus, dan peppermint memang menjadi favorit karena sensasi dingin di kulit yang terasa menenangkan. Kandungan ini umumnya dapat kita temukan di produk-produk perawatan kulit seperti masker atau toner. 

Namun, menthol menyebabkan reaksi negatif pada kulit acne prone, utamanya dry prone. Sebab, efek menthol akan semakin membuat kulit kering dan bahkan iritasi. Sebaliknya, untuk kulit oily prone, menthol bisa menenangkan kulit serta mengontrol produksi minyak yang berpotensi menyebabkan jerawat. 

Sekarang sudah tahu kan, kandungan skincare apa saja yang harus kamu waspadai? Pemilik kulit acne prone tak perlu merasa was-was dan khawatir lagi ketika membeli skincare. Semoga artikelnya membantu! 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait