Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Awas! Bahaya Pajang Stiker 'Add Yours' di Instagram Stories

Shinta Galih,
11 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Awas! Bahaya Pajang Stiker 'Add Yours' di Instagram Stories
Image: Fitur Add Yours Instagram. (appsyoucare)

Jakarta - Belakangan di Instagram tengah tren pengguna yang memposting stiker Add Yours di Stories. Awas ada bahayanya, bisa-bisa kamu jadi korban penipuan.

Add Yours merupakan stiker interaktif yang mengajak pengguna lain untuk memajang hal serupa, mulai dari makanan favorit hingga hal-hal personal.

Nah sayangnya banyak pengguna lupa kalau mengumbar sesuatu yang pribadi bisa membuka kesempatan pada pihak tidak bertanggung jawab untuk melakukan aksi kejahatan. Dan ini sudah ada korbannya.

Seperti yang dibeberkan @ditamoechtar_ di akun Twitternya. Dia mengungkap bahwa temannya telah menjadi korban penipuan karena diminta transfer ke rekening tertentu.

Temannya itu percaya sang pelaku adalah teman dekatnya karena menyebut namanya dengan panggilan kecilnya.

"Pagi tadi, teman saya dapat telepon. Nangis-nangis habis ditipu katanya. Biasalah, penipu yang telepon minta transfer gitu. Yang bikin teman saya percaya, si penipu memanggil dia 'pim'. 'pim' adalah panggilan kecil teman saya, yang hanya orang dekat yang tahu. Terus dia ingat habis ikutan ini," tulis Dita sambil mengunggah tangkapan layar fitur Add Yours "Variasi panggilan nama kamu".

Kicauan Dita di-retweet lebih 30 ribu kali dan 51,7 ribu like. Dita juga menyampaikan jika tren atau challenge seperti ini tak perlu diikuti.

Mengagetkannya banyak replay yang memperlihatkan tantangan Add Yours untuk mengumbar informasi pribadi. Ada "Nama Gadis Ibu Kandung Kamu", "Tempat Tanggal Lahir Kamu", "Selfie dengan KTP" dan "Alamat Rumah Kamu" dan bahkan tanda tangan.

"Challenge kayak gini ga perlu selalu diikutin gaes," kata Dita.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait