beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Awas! Nggak Semua Bahan Alami Aman untuk Skincare Wajah

Izzah Putri Jurianto,
23 Agustus 2022 14.29.08 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Awas! Nggak Semua Bahan Alami Aman untuk Skincare Wajah
Image: Ilustrasi - Skincare dengan bahan alami. (Pixabay)

Jakarta - Skincare dengan bahan-bahan alami memang diakui cukup baik untuk kulit wajah. Hal ini karena bahan alami rendah kandungan kimia yang berpotensi membuat kulit rusak. 

Namun, skincare berbahan alami bukan berarti kamu harus membuatnya sendiri. Memang, ada banyak DIY pembuatan skincare dengan bahan alami, seperti masker dari tomat, lemon untuk scrub wajah, hingga penggunaan bahan-bahan dapur lain. 

Sayangnya, tren DIY skincare tidak direkomendasikan, Guys. Hal ini karena adanya potensi bahan-bahan tersebut berpotensi merusak kulit. Nah, berikut ini bahayanya menggunakan bahan alami atau bahan dapur untuk skincare.

1. Iritasi dan Infeksi

Ketika bereksperimen membuat skincare dengan bahan-bahan yang ada, terkadang kita kurang memperhatikan apakah bahan tersebut memiliki kandungan yang keras atau tidak. Nyatanya, beberapa bahan memang terlalu keras untuk diterima kulit wajah. Misalnya, baking soda yang umumnya digunakan untuk memasak.

Alih-alih merawat kulit, kulit kita bisa rusak jika tidak berhati-hati. Beberapa DIY skincare malah berujung pada iritasi dan infeksi pada kulit wajah.

2. Kulit Menjadi Sensitif

Selain iritasi, DIY skincare juga bisa memicu kulit menjadi lebih sensitif. Hal ini biasanya disebabkan teksturnya yang terlalu keras, atau teknik pengaplikasian yang kasar. Akibatnya, ketika kita beralih kembali ke skincare biasanya, kulit menjadi lebih sulit untuk menyerapnya.

3. Jerawat 

Efek paling nyata yang disebabkan oleh DIY skincare tentu saja adalah jerawat. Karena beberapa bahan yang digunakan pada dasarnya tidak diperuntukkan bagi wajah, kulit bereaksi negatif. Tak hanya jerawat, masalah kulit lainnya juga akan bermunculan, seperti penyumbatan pori-pori dan kemerahan pada kulit.

4. Hiperpigmentasi 

Pernah menggunakan lemon sebagai bahan eksfoliasi? Ternyata dampaknya nggak main-main loh, Guys. menggunakan lemon dalam jangka waktu yang panjang, akan membuat kulit mudah terbakar ketika terpapar sinar matahari yang akhirnya menyebabkan hiperpigmentasi. Apalagi, kalau kamu jarang menggunakan sunscreen ketika bepergian keluar rumah. 

Ada baiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit sebelum memutuskan untuk menggunakan DIY skincare. Atau mungkin lebih bagus lagi jika hal ini dihindari saja. 

Lagipula, sekarang kamu bisa menemukan brand-brand kecantikan yang menjual produk berbahan alami dengan harga terjangkau. Stay safe and glowing, Guys!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait