menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Awas! Trojan Susupi Toko Aplikasi Android Ini

Afid Ahman,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Awas! Trojan Susupi Toko Aplikasi Android Ini
Image: APKPure telah terinfeksi trojan. Sumber: Kaspersky

Jakarta - Selain Play Store, pengguna Android kerap mengunduh aplikasi dari toko pihak ketiga. Padahal keamanannya belum terjamin, APKPure salah satunya.

Berdasarkan laporan Kaspersky, APKPure telah terinfeksi trojan. Bikin was-wasnya toko aplikasi ini juga mendistribusikan trojan lainnya.

Cara malware memasuki aplikasi APKPure sangat mirip dengan kasus CamScanner, di mana pengembang aplikasi menerapkan SDK iklan dari sumber yang tidak diverifikasi dan ternyata berbahaya. 

“Nampaknya APKPure versi 3.17.18 juga dilengkapi dengan SDK iklan, satu dengan Trojan dropper tertanam, yang dideteksi oleh solusi Kaspersky sebagai HEUR: TrojanDropper.AndroidOS.Triada.ap. Saat diluncurkan, ia membongkar dan menjalankan muatannya, yang merupakan bagian berbahaya," jelas Igor Golovin peneliti keamanan di Kaspersky.

"Komponen ini dapat melakukan beberapa hal: menampilkan iklan di layar kunci; membuka tab browser; mengumpulkan informasi tentang perangkat; dan, yang paling berbahaya, mengunduh perangkat lunak perusak lainnya,” lanjutnya.

Pada 8 April, Kaspersky telah menginformasikan APKPure perihal masalah tersebut. Pada tanggal 9 April, perwakilan APKPure memberikan informasi bahwa mereka melihat masalah terkait dan sedang berusaha memperbaikinya.

Tidak lama setelah itu, versi baru (3.17.19) muncul di situs aplikasi APKPure. Berdasarkan deskripsi yang tertera, pembaruan "Memperbaiki masalah keamanan potensial, membuat APKPure lebih aman untuk digunakan".

Kaspersky dapat mengonfirmasi bahwa isu terkait sudah diperbaiki di APKPure 3.17.19. Perusahaan keamanan global ini memastikan tidak ada kandungan komponen berbahaya dan aman untuk digunakan.

Pun begitu Kaspersky memberikan tips cara melindungi dari aplikasi APKPure yang terinfeksi Trojan. Jika kamu tidak menggunakan toko aplikasi ini, maka tidak perlu khawatir. Tetapi tips berikut bisa menghindari masalah serupa di masa mendatang:
-  Jangan pernah mengunduh aplikasi dari sumber tidak resmi, dan jangan lupa untuk memblokir pemasangan aplikasi dari sumber pihak ketiga di setelan Android
- Gunakan solusi keamanan andal yang secara otomatis memindai semua file baru
- Perbarui semua aplikasi dan sistem operasi secara teratur.

Jika kamu menggunakan APKPure, kami juga menyarankan untuk:
- Perbarui aplikasi ke versi yang sudah memperbaiki isu terkait (yaitu, 3.17.19 atau yang lebih baru);
- Jalankan pemindaian antivirus lengkap pada perangkat.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait