Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Ayah Taqy Malik Diduga Paksa Istri Berhubungan saat Menstruasi, Apa Bahayanya?

Itha Prabandhani,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ayah Taqy Malik Diduga Paksa Istri Berhubungan saat Menstruasi, Apa Bahayanya?
Image: Ilustrasi menstruasi (Pexels-sora shimazaki)

Jakarta - Belakangan ini heboh pemberitaan mengenai ayah Taqy Malik yang diduga melakukan seks menyimpang terhadap seorang wanita yang mngeaku sebagai istri sirinya bernama, Marlina Octora Kawuwung.

Marlina menuding ayah Taqy memaksanya melakukan hubungan suami istri yang tak wajar termasuk saat ia sedang menstruasi.

Buat yang sudah menikah, berhubungan intim dengan pasangan akan menjadi sebuah aktivitas yang rutin dilakukan. Namun, sebenarnya boleh nggak sih,berhubungan intim saat istri lagi menstruasi?

Dilansir dari Health, berhubungan intim pada masa haid masih banyak menuai pro kontra, terutama dari sisi risiko kesehatan. Terlebih lagi, dalam budaya ketimuran dan kepercayaan agama tertentu, berhubungan intim saat menstruasi bahkan dilarang atau dianggap nggak pantas.

1621387667-masalah-menstruasi3---freepik-.jpgSumber: Masalah Menstruasi. (Freepik)

Menurut Lauren Streicher, seorang dokter Obgyn (obstetri dan ginekologi) dari Northwestern University's Feinberg School of Medicine, nggak ada salahnya untuk berhubungan seks pada masa menstruasi. Namun, sebelum kamu dan pasangan berniat melakukannya, sadari dulu bahwa ada beberapa risiko kesehatan yang mungkin muncul, yaitu:

· Penularan penyakit melalui darah, seperti HIV, hepatitis, atau penyakit menular seksual.

· Infeksi akibat gesekan penis dan vagina. Pada saat menstruasi, kondisi serviks akan lebih terbuka untuk melancarkan keluarnya darah haid dari dalam tubuh. Selain itu, organ kewanitaan juga akan lebih sensitif, sehingga rentan mengalami luka dan iritasi akibat gesekan.

· Meningkatkan risiko endometriosis. Endometriosis adalah suatu kondisi saat jaringan yang mirip dengan lapisan rahim mulai tumbuh di tempat lain, seperti ovarium dan tuba falopi. Nah, menurut penelitian dalam jurnal Maedica: A Journal of Clinical Medicine, hubungan intim yang dilakukan saat menstruasi, dapat meningkatkan risiko terjadinya endometriosis hingga dua kali lipat.

· Darah menstruasi yang tersebar dan mengotori tempat tidur maupun tubuh kamu dan pasangan. Eww..

Di samping risiko yang udah disebutkan di atas, ternyata ada juga loh ahli yang berpendapat bahwa seks selama haid memiliki manfaat tersendiri.

Dikutip Healthline, berhubungan intim selama haid dipercaya dapat mengurangi kram perut yang biasa dirasakan selama haid. Pasalnya, saat kamu mengalami orgasme, otot dalam rahim juga berkontraksi, sehingga akan membuatmu merasa lebih rileks. Selain itu, kontraksi akibat orgasme juga membantu meluruhkan dinding rahim dengan lebih cepat, sehingga masa haid menjadi lebih pendek.

Selain itu, pada saat menstruasi, hormon dalam tubuh cewek berubah. Sehingga, nggak cuma uring-uringan dan moody, libido pun akan ikut meningkat. Akibatnya, nggak sedikit cewek yang justru lebih horny saat lagi menstruasi. Secara fisik, tubuh pun mendukung dengan meningkatnya jumlah pelumas alami organ intim.

Terus, berhubungan intim saat menstruasi bisa bikin hamil nggak, sih?

Jawabannya, bisa. Seperti kamu tahu, sperma bisa bertahan dalam tubuh cewek hingga 7 hari lamanya. Nah, kalau hubungan seks dilakukan pada saat masa haid akan segera berakhir dan tubuhmu kembali berovulasi sesudahnya, maka pembuahan bisa terjadi, guys.

Nah, sekarang kamu udah tahu kan, apa aja pro kontra berhubungan seks saat menstruasi? Yang jelas, hubungan seksual harus bisa menjadi momen yang menyenangkan dan dinikmati kedua pihak. Nggak boleh ada salah satu pihak yang memaksakan kehendak.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait