menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URamadan

Bacaan Doa dan Zikir Setelah Salat Witir

Griska Laras,
12 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Bacaan Doa dan Zikir Setelah Salat Witir
Image: Ilustrasi orang berdoa/Freepik by bugphai

Jakarta - Salat witir merupakan salat sunnah yang dikerjakan setelah salat isya sebelum salat subuh dengan rakaat ganjil.

Rasulullah SAW selalu melaksanakan salat sunah ini dan menganjurkan agar setiap muslim tidak meninggalkannya. Dalam hadis yang diriwayatkan Abu Dawud, Rasulullah bersabda:

"Bersiwaklah kalian, jagalah kebersihan, dan laksanakan salat witir karena Allah SWT adalah Zat Yang Esa (ganjil) dan akan memberikan pahala bagi siapa saja yang menunaikan salat ganjil."

Berikut bacaan doa dan zikir setelah salat witir seperti yang dikutip dari Kedaulatan Santri (KESAN):

سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوس(3x) رَبُّنَا وَرَبُّ المَلَائِكَةِ وَالرُّوْحِ

Subhaanalmalikil quddus (3x), rabbul malaa ikati war-ruh

Artinya: Mahasuci (Engkau Ya Allah), Raja yang Mahasuci. Tuhan para malaikat dan Jibril.

Kemudian ditutup dengan doa berikut:

أَعُوْذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ وَأَعُوْذُبِكَ بِمُعَافَتِكَ مِنْ عُقُوْبَتِكَ وَأَعُوْذُبِكَ مِنْكَ لَاأُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ

Allahumma innii a'uudzu biridhaaka min sakhathika wa bimu'aafaatik, min 'uquubatik, wa a'uudzu bika minka laa uhshii tsanaa-an a'laik, anta kamaa atsnaita 'alaa nafsik.

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada keridhaan Engkau dari murka Engkau. Kepada pengampunan Engkau dari azab Engkau. Dan saya berlindung dari ketidakridaan Engkau. Aku tidak mampu menyatakan seluruh pujian yang pantas kepada Engkau. Engkau adalah sebagaimana yang Engkau firmankan kepada diri-Mu sendiri.

Dalam buku Al Majmuu'us Sariful Kamil dari Agus Abdurahim Dahlan, Rasulullah SAW agar setiap muslim tidak  memberatkan diri dalam beribadah (dalam jumlah). Namun pengerjaan ibadah semestinya dilakukan secara teratur dan konsisten.

"Ibadahmu yang paling disukai Allah adalah ibadah yang dilakukan secara teratur" 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait