Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Bacaan Doa Menyambut Awal Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H

Deandra Salsabila,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Bacaan Doa Menyambut Awal Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H
Image: Masjid/Freepik by Romanzaiets

Jakarta - Seperti yang kita ketahui, Tahun Baru Islam 2021 akan segera tiba. Kini, saatnya kita mempersiapkan diri untuk menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H yang akan jatuh pada hari Selasa, 10 Agustus 2021.

Meskipun tahun ini Tahun Baru 1 Muharram jatuh bertepatan dengan masa pandemi COVID-19, mari kita tetap menyambutnya dengan sukacita.

Dalam menyambut tahun baru, alangkah baiknya jika umat muslim membaca doa awal tahun. Meski tahun baru Islam akan jatuh pada hari Selasa, tetapi doa awal tahun lebih tepat jika dibacakan pada hari terakhir, saat pergantian tahun dalam kalender Hijriah dari tahun 1442 H ke 1443 H atau tepatnya pada hari Senin, 9 Agustus 2021 setelah memasuki waktu Maghrib.

Berikut adalah bacaan latin doa awal tahun untuk menyambut Tahun Baru Hijriah 1443 H:

Bismillahir-rahmaanir-rahiim.
Allahumma ma 'amiltu min 'amalin fi hadzihis sanati ma nahaitani 'anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fiha 'alayya bi fadhlika ba'da qudratika 'ala 'uqubati, wa da'autani ilat taubati min ba'di jara'ati 'ala ma'shiyatik. Fa inni astaghfiruka, faghfirlî wa ma 'amiltu fiha mimma tardha, wa wa'attani 'alaihits tsawaba, fa'as'aluka an tataqabbala minni wa la taqtha' raja'i minka ya karim.

Selain itu, berikut arti bacaan doa awal tahun yang dapat anda baca ketika Tahun Baru Islam 2021:

"Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang,
Ya Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini termasuk yang Engkau larang sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Engkau maklumi karena kemurahanMu sementara Engkau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Engkau perintahkan untuk tobat sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakaiMu. Karenanya aku memohon ampun kepadaMu, ampunilah aku. Ya Tuhanku, aku berharap Engkau menerima perbuatanku yang Engkau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahalaMu. Janganlah pupuskan harapanku, wahai Tuhan Yang Maha Pemurah".

Tahun Baru Islam memang identik dengan doa dan harapan agar mendapatkan kehidupan yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Maka dengan keyakinan tersebut, tidak heran jika umat muslim sebaiknya menghabiskan malam pergantian tahun baru islam 1443 H dengan memanjatkan doa pada Allah SWT.

Doa awal Tahun Baru Islam tersebut memang dipenuhi permohonan perlindungan serta harapan yang akan dicapai dalam satu tahun kemudian.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait