menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URamadan

Malam Lailatul Qadar: Doa dan Ibadah yang Bisa Diamalkan

Griska Laras,
10 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Malam Lailatul Qadar: Doa dan Ibadah yang Bisa Diamalkan
Image: istimewa

Jakarta - Memasuki minggu-minggu terakhir Ramadan, banyak umat muslim yang menantikan malam lailatul qadar.

Lailatul qadar merupakan malam istimewa yang hanya bisa dijumpai sekali di bulan Ramadan. Pada malam ini, Allah pertama kali menurunkan ayat suci Al Quran kepada Nabi Muhammad SAW.

Saking istimewanya, malam lailatul qadar digambarkan lebih baik dari seribu bulan. Keistimewaan lailatul qadar itu pun tercatat dalam surat Al-Qadr ayat 1-5.

"Sesungguhnya Kami telah menurunkan [Al-Quran] pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu, malaikat-malaikat dan Jibril turun dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu dipenuhi kesejahteraan hingga terbit fajar."

Tidak ada yang tahu pasti kapan lailatul qadar terjadi. Namun Rasulullah mengisyaratkan lailatul qadar terjadi pada malam-malam ganjil di 10 hari terakhir di bulan ramadan, seperti 21, 23, 25, 27 atau 29 Ramadan.

"Carilah lailatul qadar pada sepuluh hari akhir Ramadan dalam malam ganjil" (HR Bukhari)

Karena itu Rasulullah menganjurkan setiap muslim memperbanyak ibadah dan memohon ampun kepada Allah pada malam-malam tersebut.  

Siapa pun yang beribadah dengan ikhlas pada malam ini, dia akan mendapat pahala besar yang bernilai seribu bulan. Allah SWT juga akan mengabulkan semua doa dan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu.

Berikut doa malam lailatul qadar yang bisa diamalkan:

اللَّهُمَّإِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَفَاعْفُ عَنِّى

Allahumma Innaka ‘Afuwwun Tuhibbul ‘Afwa Fa’fu ‘Annii

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya Engkau Zat Yang Maha Pemaaf lagi MahaPemurah, maka maafkanlah diriku”

Berikut beberapa ibadah yang bisa diperbanyak di malam lailatul qadar:

1. Memperbanyak salat malam

Rasulullah SAW menganjurkan umatnya agar menghidupkan 10 malam terakhir Ramadan dengan memperbanyak ibadah kepada Allah SWT, salah satunya dengan memperbanyak salat malam (qiamul lail)

Dari Aisyah RA: Rasulullah akan menghidupkan 10 malam terakhir (dengan ibadah), membangunkan keluarganya, dan memperbanyak salat malam” (HR Muslim)

Beberapa salat malam yang bisa dikerjakan di antaranya, salat tahajjud, salat witir, salat taubat, salat tasbih, dan salat hajat.

2. Memperbanyak Doa

Lailatul qadar termasuk waktu mustajab untuk berdoa. Dalam Quran Surah Al - Qadr disebutkan, Allah mengutus para malaikat dan Jibril ke dunia. Allah SWT juga akan mengampuni dosa-dosa hambanya yang memohon ampun kepada-Nya.

3. Melakukan Iktikaf

Iktikaf juga menjadi salah satu sarana uamt muslim dalam mendapat malam lailatul qadar. Caranya dengan melakukan muahasabah dan menetap di masjid pada 10 hari terakhir Ramadan.  

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait