Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Bacaan Doa Qunut Lengkap, Terjemahan dan Keutamaannya

Kintan Lestari,
19 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Bacaan Doa Qunut Lengkap, Terjemahan dan Keutamaannya
Image: Ilustrasi seorang pria berdoa saat salat. (Unsplash/Visual Karsa)

Jakarta - Saat melaksanakan salat Subuh atau salat witir, umat muslim disunahkan membaca doa qunut. Bacaan doa qunut dilafalkan setelah iktidal saat rakaat terakhir.

Hukum membaca doa qunut saat salat subuh adalah sunah berdasarkan dari mazhab Syafi'i dan Maliki. 

Hal itu tercantum dalam hadis riwayat Imam An Nasa'i, Imam Abu Daud, dan Imam Tirmidzi yang isinya mengatakan Rasulullah selalu membaca doa qunut saat salat subuh hingga akhir hayatnya. 

"Rasulullah SAW senantiasa melakukan qunut pada salat subuh sampai beliau meninggalkan dunia".

Adapun bacaan doa qunut saat salat subuh, atau salat witir, adalah sebagai berikut: 

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Allaahummahdinii fii man hadaiit, wa aafinii fii man aafaiit, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa a'thaiit. Wa qinii syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa 'alaiik. Innahu laa yadzillu maw waalaiit.

Wa laa ya’izzu man ‘aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta’aalait. Fa lakal-hamdu ‘alaa maa qadhaiit, Astaghfiruka wa atuubu ilaik wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa sallam.

Arti bacaan doa qunut:

“Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin.

Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan.

Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya.”

Keutamaan Doa Qunut

Sebagaimana selalu dilafalkan Rasulullah semasa hidup, doa qunut pastinya punya keutamaan yang baik bagi yang membacanya.

Berikut ini keutamaan-keutamaan yang didapat seseorang bila membaca doa qunut saat salat subuh.

1. Diberikan Perlindungan

Penggalan kalimat "Wa'aafinii fii man 'afaiit" berarti seseorang meminta perlindungan serta keselamatan pada Yang Maha Kuasa. Oleh karena itu siapa pun yang membaca doa ini senantiasa akan diberikan perlindungan.

2. Dilindungi dari Berbagai Penyakit

Ayat "wa'aafini fii man hadaiit" artinya minta diberikan keselamatan. Keselamatan tersebut juga berupa selamat dari penyakit yang ada, alias akan selalu diberikan kesehatan.

3. Supaya Mendapat Petunjuk

Sebagai manusia tentu kita sering dilanda berbagai kebingungan. Nah, untuk mendapatkan jawaban dari kebingungan kita ya dengan membaca doa qunut. Kalimat yang berbunyi "Allahummahdinii fii man hadaiit" berarti permintaan untuk ditunjukkan jalan yang lurus atau benar.

Itu dia Urbanreaders bacaan doa qunut, arti, serta keutamaannya. Doa qunut hukumnya sunah, oleh karena itu bila tidak dibaca tidak akan berdosa dan tidak pula membatalkan salat. 

Namun bila seseorang hafal doa qunut, baik bagi dirinya untuk membaca doa tersebut agar mendapatkan keutamaan-keutamaan yang tadi disebutkan. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait