beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URedu

Badan Bahasa Luncurkan EYD Edisi V, Ada 50 Persen Lebih Perubahan

Nivita Saldyni,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Badan Bahasa Luncurkan EYD Edisi V, Ada 50 Persen Lebih Perubahan
Image: Peluncuran EYD Edisi V di Kantor Badan Bahasa, Jakarta pada Kamis (18/8/2022). (Dok. Humas Badan Bahasa)

Jakarta - Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) baru saja meluncurkan Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan (EYD) Edisi V. EYD edisi terbaru ini ditetapkan bertepatan dengan 50 tahun penetapan EYD loh, yaitu 16 Agustus 1972.

"Ini merupakan wujud komitmen Badan Bahasa dalam memberikan layanan kebahasaan dan kesastraan yang makin berkualitas sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan zaman. Peluncuran EYD Edisi V menandakan, perkembangan bahasa Indonesia makin pesat," ujar Kepala Badan Bahasa, E. Aminudin Aziz seperti dikutip dari keterangan resminya, Jumat (19/8/2022).

Menurutnya pesatnya perkembangan Bahasa Indonesia ini tak bisa lepas dari pengaruh pengguna bahasa pada konsep-konsep keilmuan dan kebudayaan dalam tatanan masyarakat yang baru. Menurutnya hal ini juga merupakan konsekuensi logis dari cairnya batas-batas wilayah akibat perkembangan teknologi, khususnya teknologi informasi yang mempengaruhi komunikasi verbal antar pengguna bahasa.

“Saya menyampaikan terima kasih atas dukungan dan perhatian masyarakat pengguna bahasa Indonesia sehingga perkembangan bahasa Indonesia pesat melebihi bahasa induknya sendiri, yakni bahasa Melayu," ucapnya.

"Peluncuran EYD Edisi V tentu berpengaruh pada KBBI yang kami mutakhirkan dua kali dalam setahun, yakni akhir April dan Oktober. Sejak saat ini, penyesuaian pada KBBI akan berjalan hingga akhir Oktober sehingga semua penyempurnaan EYD sepenuhnya diakomodasi dalam sistem,” jelasnya lebih lanjut.

Selain kembali menggunakan nama EYD, ada beberapa perubahan yang bisa kamu temukan di edisi kelima ini. Antara lain adanya penambahan kaidah baru dan perubahan pada kaidah yang sudah ada, sampai perubahan redaksi, contoh, dan tata cara penyajian.

"Secara keseluruhan, perubahan yang ada lebih dari 50 persen," terang Aminudin.

Untuk menjamin kemudahan akses dan keluasan jangkauan penggunaan EYD, Badan Bahasa juga menerbitkan edisi baru ini lewat aplikasi web loh. Kamu bisa mengakses EYD Edisi V melalui laman ejaan.kemdikbud.go.id, Urbanreaders!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait