beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Baim Wong Daftarkan HAKI 'Citayam Fashion Week', Ridwan Kamil: Dicabut Saja

Putri Rahma,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Baim Wong Daftarkan HAKI 'Citayam Fashion Week', Ridwan Kamil: Dicabut Saja
Image: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Dok. Humas Pemprov Jabar)

Jakarta - Muhammad Ibrahim atau kerap disapa dengan Baim Wong tengah jadi sorotan karena dikabarkan telah mengajukan pendaftaran ‘Citayam Fashion Week’ ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM (PDKI Kemenkumham).

Sejumlah kalangan, termasuk Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil turut memberikan tanggapan terkait langkah Baim Wong tersebut.

“Nasehat saya, tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersial. Fenomena Citayam Fashion Week itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuh kembangnya harus natural dan organik pula,” tulis Ridwan Kamil di Instagram @ridwankamil, dikutip, Senin (25/7/2022).

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil)

Pria yang kerap disapa Kang Emil itu mengatakan bahwa jika hal tersebut terlalu diformalkan atau dimewahkan oleh orang luar, maka akan hilang maksud dan tujuan dari adanya fenomena tersebut.

“Sekalinya diformalkan dan dimewahkan apalagi oleh orang luar, malah akan hilang tujuan dan maksudnya. Dan biasanya gerakannya malah akan mati muda,” katanya.

Kang Emil menganggap fenomena Citayam Fashion Week sebagai ruang ekspresi untuk mereka dan tidak perlu negara untuk turut campur lebih jauh serta individu yang diluar komunitas tersebut ikut mengatur.

"Ada kalanya mereka hanya butuh ruang ekspresi. Dan tidak perlu negara turut campur terlalu jauh. Tidak perlu pula individu2 di luar komunitasnya ikut-ikutan mengatur-ngatur," terangnya.

"Jikapun ingin diorganisasikan lebih baik, biarlah mereka sendiri yang mengurusnya melalui komunitasnya. Oleh mereka bukan anda," lanjut Ridwan Kamil.

Dengan begitu, Ridwan kamil pun meminta Baim Wong mencabut pendaftaran Citayam Fashion Week ke HAKI ke Kemenkumham.

"Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja. Terima kasih jika bisa memahaminya," tutupnya.

Diketahui, PT Tiger Wong Entertainment milik Baim Wong yang bertempat di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan (Jaksel) mengajukan permohonan tersebut pada 20 Juli 2022 melalui nomor JID2022052181.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait