beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

Bali World Cultural Celebrations Sajikan Komunitas Gamelan

Shelly Lisdya,
4 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Bali World Cultural Celebrations Sajikan Komunitas Gamelan
Image: Bali World Cultural Celebration. (ANTARA)

Jakarta - Ajang Bali World Cultural Celebrations (BWCC) atau Perayaan Kebudayaan Dunia dibuka dengan penampilan tiga komunitas gamelan yang telah memiliki reputasi secara nasional dan internasional.

"BWCC ini merupakan apresiasi pada kebudayaan dunia yang bertujuan mewujudkan Bali sebagai Pusat Kebudayaan Dunia atau Bali Padma Bhuana," kata Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, I Gede Arya Sugiartha, dikutip Urbanasia, Kamis (16/6/2022).

Saat menyaksikan penampilan komunitas/sekaa gamelan itu, Arya Sugiarta menyampaikan Perayaan Kebudayaan Dunia tahun ini merupakan gelaran yang pertama kalinya dilaksanakan di Bali.

BWCC akan berlangsung 12-25 Juni 2022 secara daring dan luring dengan mengangkat tema Danu Kerthi: Resilience and Harmony (Kebertahanan dan Harmoni).

BWCC bertujuan memperkuat posisi strategis kesenian dan kebudayaan Bali yang turut mewarnai dan membangun nilai-nilai kesatuan, harmoni, dan perdamaian (unity, harmony, and peace) antarbangsa di dunia melalui pemanggungan dan presentasi beragam genre pertunjukan.

Dalam acara pertama gelaran BWCC itu ditampilkan Sekaa Gong Belaluan Sadmerta; Roras Ensemble dan Jes Gamelan Fusion.

Sekaa Gong Belaluan Sadmerta telah terbentuk dari 1957, cikal bakalnya bermula dari Legong Belaluan yang tersohor sejak tahun 1918.

Beberapa tokoh terdahulu dan pembina di antaranya Made Regog dan Wayan Berata. Selama 60 tahun, sekaa telah tampil di berbagai pertunjukan nasional dan internasional seperti di Bangkok, Filipina,  dan Jerman.

Kemudian Grup Roras Ensemble didirikan oleh Wayan Gede Yudana pada 2018 yang merupakan ensembel perkusi musik baru, yang memperjuangkan musik eksperimental dan gamelan kontemporer.

Jes Gamelan Fusion merupakan grup musik yang didirikan pada 2006. Jes singkatan dari jegog dan semar pegulingan serta gamelan fusion di definisikan sebagai sebuah perpaduan gamelan.

Grup ini kerap tampil di berbagai festival musik nasional maupun internasional, termasuk berkolaborasi dengan musisi ternama Indonesia.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait