beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

'Bang Pitung' Jadi Nama Jalan di Kebayoran Lama Jaksel

Hanisa Sutoyo,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
'Bang Pitung' Jadi Nama Jalan di Kebayoran Lama Jaksel
Image: Peresmian Jalan Bang Pitung oleh tokoh masyarakat (Instagram/inforawabelong)

Jakarta –  Usai ramai soal perubahan nama sejumlah jalan di Jakarta, yakni Jalan Haji Bokir dan Jalan Mpok Nori di Jakarta Timur, kini nama 'Bang Pitung' juga turut dijadikan nama jalan di ibu kota.

Nama tokoh legenda asli Betawi tersebut diabadikan sebagai nama jalan yang sebelumnya Jalan Kebayoran Lama. Peresmian penamaan Jalan Bang Pitung ini turut dihadiri sejumlah tokoh pesilat Rawa Belong yang berkumpul di titik lampu merah Rawa Belong, Minggu (19/6/2022).

Dalam unggahan di akun Instagram @inforawabelong, acara peresmian tersebut turut dihadiri pimpinan Perguruan Silat S3 Abdi Manaf H Syafi’i, pimpinan Sanggar si Pitung H Bachtiar, perwakilan dari Bang Japar, serta para jawara dan perguruan silat Rawa Belong lainnya yang juga diisi dengan doa-doa.

“Nama jalan yang sebelumnya Jalan Kebayoran Lama kini diubah menjadi Jalan Bang Pitung,” ungkap akun @inforawabelong, dikutip Senin (20/6/2022).

Diketahui, Jalan Bang Pitung ini membentang dari Pertigaan Rawa Belong hingga Perempatan Rumah Sakit Medika Permata Hijau, Jakarta Selatan.

Lokasi ini dinilai tepat  berada di jantung kampung Rawa Belong. Wilayah yang terkenal sebagai kampung silat tradisi Betawi.

Bang Pitung sendiri merupakan satu tokoh utama dalam legenda Betawi di pertengahan abad ke-19 yang memiliki jiwa heroik.

FYI, Guys, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan, unsur budaya Betawi juga turut mengambil peran penting dalam perjalanan bangsa dan negara Indonesia. Karena itulah, akhirnya diputuskan penggunaan sejumlah nama tokoh jawara Betawi untuk diletakkan di sejumlah nama jalan di ibu kota.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Media Rawa Belong (@inforawabelong)

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait