menu
user
URnews

Banjir Bandang di NTT: Jembatan Lama Kambaniru Ambruk dan Benenai Terputus

Nivita Saldyni,
11 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Banjir Bandang di NTT: Jembatan Lama Kambaniru Ambruk dan Benenai Terputus
Image: Kondisi jembatan Benenai di Malaka sebelum terputus akibat diterjang banjir, Kamis (1/4/2021). (Antara)

Waingapu - Sebuah video viral di Instagram menunjukkan detik-detik sebuah jembatan ambruk diterjang banjir. Setelah ditelusuri, ternyata jembatan tersebut adalah jembatan lama Kambaniru di Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang ambruk pada Minggu (4/4/2021) lalu.

Akun Instagram @kupang.now melaporkan, video tersebut dibagikan oleh pemilik akun Instagram @stphan_balla026. Dalam video itu tampak detik-detik luapan air di Bendungan Kambaniru merobohkan jembatan yang juga disebut warga sekitar sebagai Jembatan Ahmad Yani.

"Abis, abis...Jembatan lama abis," kata seorang laki-laki di balik kamera dalam video yang dilihat Urbanasia pada Senin (5/4/2021).

Menurut informasi yang Urbanasia kumpulkan, jembatan yang berada di Waingapu, Sumba Timur ini memang sudah berusia tua. Namun jembatan ini sendiri sebenarnya sudah lama tak digunakan warga karena sudah ada jembatan yang baru.

1617626406-Jembatan-lama-Kambaniru.JPGDetik-detik ambruknya jembatan lama Kambaniru di Waingapu, Minggu (4/4/2021). (Tangkapan layar Instagram @fakta.indo)

Selain jembatan lama Kambaniru, jembatan lain yang juga  tengah jadi sorotan adalah jembatan Benenai di Kabupaten Malaka. Pasalnya, jembatan yang telah dikabarkan miring sejak beberapa waktu lalu itu akhirnya terputus akibat diterjang banjir pada Minggu (4/4/2021).

Melansir Antara, jembatan Benenai mulai miring sejak hujan deras mengguyur daerah itu Rabu (31/3/2021) lalu. Jembatan ini merupakan akses transportasi ke Betun, Ibu Kota Kabupaten Malaka. Dengan terputusnya jembatan ini, maka akses transportasi warga pun terputus total.

Kondisi jembatan Benenai yang terputus itu pun turut viral di berbagai platform media sosial. Dalam video yang beredar, salah satu sisi jembatan tampak masih berdiri kokoh saat sisi lainnya sudah putus karena diterjang banjir.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait