Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Banjir Bandang Terjang Garut, Satu Rumah Warga Hanyut

Gagas Yoga Pratomo,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Banjir Bandang Terjang Garut, Satu Rumah Warga Hanyut
Image: Tangkapan layar video banjir di Garut (Twitter/PetaBencana.id)

Jakarta - Tiga desa di wilayah Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut, Jawa Barat dilanda banjir bandang, Sabtu (27/11/2021). Akibat banjir tersebut, satu rumah warga ikut hanyut terseret banjir. 

Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari, menjelaskan bahwa tidak ada korban jiwa akibat banjir yang terjadi sekitar pukul 14.00 WIB tersebut.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa berdasarkan data sementara, ada satu rumah milik warga yang dilaporkan hanyut terbawa banjir. Sedangkan, satu rumah warga lainnya mengalami kerusakan sedang, dan 21 rumah lainnya rusak ringan.

"BPBD Kabupaten Garut melaporkan kondisi terkini banjir yang telah surut pada Sabtu petang, pukul 18.05 WIB. Banjir ini menyisakan material lumpur di pemukiman dan lingkungan desa terdampak," katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/11/2021).

Selain rumah warga, banjir juga merendam sejumlah fasilitas umum, seperti 1 unit fasilitas ibadah, 1 unit fasilitas pendidikan, 1 unit fasilitas kesehatan, dan 2 jembatan penghubung terputus. 

Adapun ketika peristiwa terjadi, beberapa pihak seperti TNI, Polri, Basarnas, turut membantu warga yang terdampak banjir. Tim gabungan tersebut membantu proses evakuasi warga ke tempat yang aman. 

Kepala Kantor Basarnas Bandung, Deden Ridwansyah mengatakan bahwa tim disiagakan pada waktu kejadian untuk memberikan pertolongan dan mengevakuasi warga yang terdampak. 

“Satu tim rescue Basarnas Bandung menuju lokasi kejadian pada pukul 16.00 WIB untuk melaksanakan evakuasi warga terdampak banjir, kata Deden, seperti dikutip dari Antara, Minggu (28/11/2021). 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait