Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Bansos Kuota Internet Kemendikbud Diperpanjang hingga November

Afid Ahman,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Bansos Kuota Internet Kemendikbud Diperpanjang hingga November
Image: Ilustrasi kuota internet gratis (Freepik/yanalya)

Jakarta - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim mengumumkan bahwa bantuan sosial (Bansos) kuota internet bakal dilanjutkan.

Keputusan ini dikeluarkan setelah diperpanjangya Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk menekan angka penularan COVID-19.

"Kami ada skema lanjutan subsidi kuota. Pada September, Oktober, November, kita akan menyalurkan Rp 2,3 triliun untuk lanjutan bantuan kota data bagi 26,8 juta siswa, mahasiswa, guru dan dosen," kata Nadiem konferensi pers virtual, Rabu (4/8/2021).

Besaran kuota internet yang diberikan masih sama dengan sebelumnya dan berlaku selama 30 hari sejak disalurkan, rinciannya sebagai berikut:

- Peserta Didik jenjang PAUD mendapat 7 GB/bulan
- Peserta Didik jenjang SD, SMP, dan SMA mendapat 10 GB/bulan
- Pendidik Jenjang PAUD, SD, SMP, dan SMA mendapat 12 GB/bulan
- Dosen dan mahasiswa mendapat 15 GB/bulan

Bansos kuota internet ini bertujuan untuk mendukung proses pembelajaran. Kuota dapat digunakan selama 24 jam untuk mengakses internet di lebih dari 300 portal pendidikan dan platform yakni Zoom, Microsoft Teams, Google Classroom, Sekolahmu, Ruangguru, dan Zenius.

Nadiem meminta kepala satuan pembelajaran segera memutakhirkan data siswa, mahasiswa, guru, dan dosen termasuk nomor ponsel.

“Paling lambat 31 Agustus 2021,” tegasnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait