menu
user
URnews

Bansos Maret-April 2021 Cair, Ini Cara Cek di Situs DTKS Kemensos

Nivita Saldyni,
17 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Bansos Maret-April 2021 Cair, Ini Cara Cek di Situs DTKS Kemensos
Image: Ilustrasi pengadaan bansos COVID-19 di Kementerian Sosial. (kemsos.go.id)

Jakarta - Kementerian Sosial (Kemensos) kembali menyalurkan bantuan sosial (bansos) untuk menangani dampak pandemi COVID-19.

Kemensos menjadwalkan pencairan bansos ini akan dilakukan hingga akhir Maret 2021, Urbanreaders.

Dilansir situs resmi Kemensos, Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) pada Maret 2021 dilakukan dalam beberapa tahap.

Pertama, sebanyak 4.502.451 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima bantuan pada 22 Maret. Kedua, 5.993.734 KPM pada 25 Maret.

Selanjutnya, proses penyaluran bansos dijadwalkan pada 29 Maret untuk 4 juta KPM dan 30 Maret untuk 3 juta KPM.

"Total akumulasi penyaluran akan mencapai 17.496.185 KPM, termasuk pembayaran April yang dipercepat,” kata Dirjen Penanganan Fakir Miskin (PFM) Kemensos, Asep Sasa Purnama dikutip dari keterangan resminya, Rabu (31/3/2021).

Asep menambahkan bahwa sepanjang Maret 2021, sebanyak 11.746.119 data dari 509 Kabupaten/Kota telah diperbaiki dan dipadankan. Perbaikan data ini mampu mempercepat proses pemadanan NIK penerima bantuan.

Mereka yang menerima bantuan adalah para KPM dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang sudah padan dengan data Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), sesuai amanat Perpres No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Nah untuk mengetahui apakah kamu adalah satu di antara KPM penerima bansos Kemensos periode Maret-April 2021, cek statusmu di situs DTKS Kemensos. Berikut langkah-langkahnya :

1. Buka situs DTKS Kemensos di sini (dtks.kemensos.go.id).  
2. Temukan 'Pencarian Data Penerima Bantuan Sosial (BST, BPNT, PKH)' di bagian atas halaman.
3. Pilih ID Kepesertaan yang diinginkan
4. Masukkan Nomor Kepesertaan dari ID yang dipilih
5. Masukkan Nama yang sesuai dengan ID yang dipilih
6. Masukkan 4 huruf kode yang tertera dalam kotak kode
7. Klik kotak kode untuk mendapatkan kode baru

Setelah itu, sistem bakal mencocokan ID dan nama yang diinput dan membandingkan antara nama yang diinput dengan nama yang ada dalam database DTKS.

1617164867-cek-DTKS.JPGSumber: Ilustrasi cek DTKS. (Tangkapan layar situs DTKS Kemensos)

Kalau kamu terdaftar, maka akan muncul keterangan khusus yang menunjukkan bahwa ID dan nama kamu sesuai dengan DTKS. Data tersebut akan menunjukkan kamu terdaftar dan masuk dalam program salah satu bansos.

Untuk Urbanreaders ketahui, penyaluran bansos merupakan bagian dari Program Bantuan Tunai yang diluncurkan Presiden Joko Widodo ada 4 Januari 2021.

Adapun program ini mencakup Program Sembako/Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) bagi 18,8 juta KPM,  Program Keluarga Harapan (PKH) bagi 10 Juta KPM, dan Bantuan Sosial Tunai (BST) bagi 10 juta KPM.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait