beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URsport

Bantah PSSI, Jakpro Pastikan JIS Sudah Memenuhi Standar FIFA

Suci Nabila Azzahra,
11 September 2022 10.14.28 | Waktu baca 4 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Bantah PSSI, Jakpro Pastikan JIS Sudah Memenuhi Standar FIFA
Image: Jakarta International Stadium JIS (Foto: Instagram JakIntStadium)

Jakarta - PT Jakarta Propertindo (Jakpro) memastikan Jakarta International Stadium (JIS) sudah memenuhi standar FIFA.

Pernyataan tersebut muncul usai PSSI mengungkap alasan batal menggelar FIFA Match Day antara Indonesia dan Curacao. PSSI mengklaim infrastruktur JIS belum layak menggelar pertandingan berlabel FIFA.

"Sehingga untuk menggelar sebuah pertandingan FIFA Match Day yang mengundang animo penonton sangat banyak maka perlu dilakukan simulasi terkait jumlah penonton mulai dari 25% - 50% - 75% - 100% dari perhitungan maximum safety capacity," ujar Sekjen PSSI Yunus Nusi, Jumat (9/11/2022).

Plt Direktur Proyek JIS, Arry Wibowo mengungkapkan Jakpro telah menyelesaikan pembangunan stadion kelas dunia berstandar FIFA lewat amanah dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 14 Tahun 2019.

Jakpro menyebut bahwa JIS dirancang oleh Buro Happold, konsultan perencana dari Inggris yang memiliki pengalaman internasional dalam merancang stadion-stadion sepakbola modern di Liga Inggris, seperti Tottenham Hotspurs Stadium di London, serta perancangan beberapa stadion Piala Dunia Qatar 2022.

“JIS merupakan salah satu stadion yang mirip dengan stadion di Eropa baik secara desain maupun fasilitas. Selain itu, Jakpro juga didampingi langsung oleh Assessor FIFA pada saat perencanaan dan desain JIS dilakukan,” ujar Arry Wibowo lewat keterangan resmi, Sabtu (10/9). 

JIS, menurut Arry, sudah memenuhi kriteria rekomendasi teknis dan persyaratan stadion sepakbola standar FIFA seperti:

1) Mulai dari tahap pra-konstruksi atau tahap perencanaan termasuk penentuan lokasi stadion yang strategis dan mudah untuk dijangkau publik;

2) Unsur safety dan security, seperti struktur bangunan, sistem pencegahan kebakaran dan sistem pengamanan. Tersedianya control room, ruang medis pemain dan publik;

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait