menu
user
URnews

Bantuan Kuota Internet Kemdikbud Cair Hari Ini, Begini Cara Ceknya

Nivita Saldyni,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Bantuan Kuota Internet Kemdikbud Cair Hari Ini, Begini Cara Ceknya
Image: Seorang pelajar tengah mengikuti belajar online. (Ilustrasi/ANTARA)

Jakarta - Urbanreaders tahu kan kalau Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali memberikan bantuan kuota gratis internet belajar di tahun 2021? Nah bantuan ini akan mulai disalurkan mulai hari ini, Kamis (11/3/2021). 

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim dalam konferensi pers 'Pengumuman Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2021', Senin (1/3/2021) lalu mengatakan pihaknya bakal melanjutkan kebijakan kuota ini selama 3 bulan. Di mana penyalurannya akan mulai diberikan pada Maret 2021.

"Bantuan ini disalurkan dari tanggal 11 - 15 setiap bulannya. Jadi untuk yang pertama akan diberikan bulan ini sekitar tanggal 11 (Maret) penyalurannya, selama tiga bulan ke depan," kata Nadiem dikutip Urbanasia pada Kamis, (11/3/2021). 

Nadiem menjelaskan bahwa bantuan kuota data internet kali ini dibagi menjadi empat kategori, yaitu sebagai berikut:

1. Peserta Didik Jenjang PAUD sebesar 7 GB/bulan.
2. Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah sebesar 10 GB/bulan.
3. Pendidik Jenjang PAUD dan Pendidikan Dasar dan Menengah sebesar 12 GB/bulan.
4. Dosen dan Mahasiswa sebesar 15 GB/bulan.

"Semua kuota itu berlaku seperti biasa, akan berlaku selama 30 hari sejak kuota diterima," tegasnya.

Meski volume kuota lebih sedikit dari bantuan sebelumnya, Nadiem menjelaskan bahwa bantuan kuota internet kali ini lebih fleksibel. Sebab kuota yang diterima merupakan kuota umum. 

"Jadi bisa diakses untuk seluruh laman dan aplikasi, kecuali aplikasi-aplikasi yang diblokir yaitu kebanyakan aplikasi-aplikasi seperti permainan dan juga sosmed seperti Facebook, TikTok dan Instagram," jelasnya.

Jadi meskipun besaran kuota tak sebanyak sebelumnya, Nadiem memastikan penggunaannya bisa lebih fleksibel. Bahkan kuota itu juga bisa digunakan untuk mengakses materi belajar di YouTube.

Siapa saja yang menerima bantuan ini? 

Nah, seperti yang sudah Urbanasia jelaskan di artikel 'Kemendikbud Kembali Salurkan Bantuan Kuota Data Internet', peserta didik dan pendidik yang menerima bantuan ini adalah mereka yang telah menerima bantuan kuota pada November dan Desember 2020. Jika nomor ituu masih aktif, maka bantuan otomatis akan masuk guys.

“Otomatis mereka akan menerima bantuan kuota pada bulan Maret 2021. Kecuali yang total penggunaannya kuotanya kurang dari 1 GB,” tegas Nadiem, dikutip dari Urbanasia, Kamis (11/3/2021).

Bagaimana kalau nomor ganti atau belum menerima bantuan sebelumnya?

Kalau nomor kamu ganti atau kamu belum menerima bantuan kuota sebelumnya, maka kamu harus melapor kepada pimpinan satuan pendidikan sebelum bulan April 2021 jika ingin mendapat bantuan. 

Nanti, pimpinan/operator satuan pendidikan bakal mengunggah SPTJM untuk nomor yang berubah atau nomor baru di sini untuk PAUD, jenjang pendidikan dasar, dan jenjang pendidikan menengah atau di sini untuk jenjang pendidikan tinggi. 

Yuk cek bantuan kuota internet dari Kemendikbud!

Untuk mengecek apakah bantuan kuota internet sudah masuk, kamu bisa memeriksanya sesuai provider yang kamu gunakan. Berikut caranya guys:

1. Telkomsel
Untuk pengguna Telkomsel, kamu bisa memeriksanya lewat aplikasi My Telkomsel. Di menu My Quota, kamu bisa cek apakah kuota Internet kamu sudah bertambah atau belum.  Selain itu kamu juga bisa loh mengecek kuota kamu dengan melakukan panggilan ke nomor *363#.
 
2. XL
Untuk kamu pengguna XL, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan unutk mengecek bantuan kuota internet. Untuk yang menggunakan XL Axiata, kamu bisa cek kuota di nomor *123*7*1# dan pilih menu Cek Kuota. Kamu juga bisa mengeceknya  lewat aplikasi myXL loh.

Sementara untuk pengguna XL Prioritas, kamu bisa mengeceknya di sini (https://prioritas.xl.co.id/apply/kuota-edukasi) guys. Tinggal masukkan nomor XL Prioritasmu dan klik Cek. Mudah, kan?

3. Indosat
Bagi pengguna Indosat, kamu bisa mengeceknya lewat nomor panggilan *123*075#. Kemudian pilih menu Status & Cek Kuota. Atau kamu juga bisa mengeceknya lewat aplikasi myIM3.

4. Tri
Pengguna Tri, kamu bisa cek bantuan kuota internet ini melalui panggilan ke nomor *123*10*3#. Kamu juga bisa mengecek lewat SMS ke 234 dengan format INFO KUOTA. Atau jika sudah mendownload aplikasi Bima+, tinggal cek aja kuota kamu saat ini di sana.

5. Smartfren
Nah kalau pengguna Smartfren, kamu bisa mengecek melalui nomor panggilan *995# atau SMS ke 995 dengan format Cek. Selain itu kamu juga bisa memeriksanya lewat aplikasi MySmartfren.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait