beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Basic Skincare Routine untuk Kulit Lansia yang Sering Gatal

Kintan Lestari,
15 November 2022 10.40.22 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Basic Skincare Routine untuk Kulit Lansia yang Sering Gatal
Image: Ilustrasi kulit lansia. (Pexels/Ron Lach)

Jakarta - Banyak yang berpikiran merawat kulit itu hanya untuk mereka di usia remaja sampai sekitar 40-an. Padahal tidak demikian. Merawat kulit itu sebenarnya sejak dari lahir sampai usia lansia, yakni usia 60 tahun berdasarkan standar WHO.

Hal itu disampaikan dr Sari Chairunnisa selaku VP of RnD PT Paragon Technology and Innovation. Menurutnya, bayi usia enam bulan sudah bisa pakai sunscreen.

"Kosmetik itu kan luas definisinya. Sunscreen misalnya, itu udah bisa dipakai dari usia di atas enam bulan. Nggak tiap hari, paling kalau bawa bayi berlibur ke pantai. Jadi kalau dibilang pakai skincare dari kapan ya dari bayi udah mulai," kata Sari dalam sebuah acara yang berlangsung di Sarinah, Kamis (10/11/2022).

Nah, seiring bertambah usia permasalah kulit terus bermunculan, baik itu jerawat, kulit kering, melasma, sampai hiperpigmentasi. Begitu pun setelah memasuki masa lansia 60 tahun ke atas.

Adapun masalah kulit yang dialami beberapa lansia di antaranya adalah kulit kering, yang memang disebabkan penurunan fungsi tubuh akibat penuaan. Nah, kulit kering itu seringkali terasa gatal oleh mereka.

"Kulit yang kering itu akan mudah tersensitisasi, akan mudah gatal keluar histamin di kulit. Pada lansia kulit kering itu bisa menganggu. Jadi pastikan lansia itu mempunyai skincare yang baik, kayak mandinya dua kali dengan sabun yang berpelembap, mandi tidak dengan air hangat karena bikin kulit makin kering. Terus pakai pelembap setelah mandi," jelas Sari.

Untuk produk yang harus dipakai, Sari menegaskan kalau itu tergantung masalah kulit yang dimiliki lansia tersebut. Sehingga dengan begitu bisa diputuskan apakah lansia perlu produk yang mengandung active ingredients atau tidak.

"Basic skincare merawat kulit lansia cuci muka dua kali sehari dengan sabun yang gentle dan memakai pelembap. Masalah kulit kita nggak terlalu melihat usia. Ada lansia yang flek atau melasma, ada yang nggak ada flek tapi merasa kulitnya sangat berkerut. Jadi masalah kulitnya berbeda, maka active ingredient yang dipakai juga berbeda," tutupnya. 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait