menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URamadan

Bayt Al Quran Al Akbar, Wisata Religi yang Cocok buat Ngabuburit

Shelly Lisdya,
15 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Bayt Al Quran Al Akbar, Wisata Religi yang Cocok buat Ngabuburit
Image: Bayt Al Quran Al Akbar Palembang. (Facebook)

Palembang - Apa yang kalian kenal dengan Palembang selain Jembatan Ampera? Nah, ada salah satu tempat wisata religi yang paling hits loh guys.

Ya, ialah museum Bayt Al Quran Al Akbar atau yang dikenal dengan Al Quran Raksasa. Berlokasi di Pondok Pesantren Al Ihsaniyah Gandus Palembang, museum ini menjadi pilihan berlibur ketika liburan apa lagi saat Ramadan loh.

Dalam Al Quran Al Akbar, terdapat 30 juz ayat suci Al Quran yang berhasil dipahat atau diukir dengan ciri khas Palembang dalam lembar kayu.

Tahu nggak sih, pahatan ini menghabiskan kurang lebih 40 meter kubik kayu tembesu dengan biaya sekitar Rp 2 miliar, di mana masing-masing lembar ukuran halamannya 177 x 140 x 2,5 sentimeter dan tebal keseluruhannya termasuk sampul mencapai sembilan meter.

1620036559-Bayt-Al-Quran-Al-Akbar-Facebook-(2).jpgBayt Al Quran Al Akbar Palembang. (Facebook)

Setiap lembar pahatan ayat suci Al Quran ini memiliki warna dasar kayu coklat dengan huruf arab timbul berwarna kuning, dengan ukiran motif kembang di bagian tepi ornamen khas Palembang. Untuk proses pembuatannya sendiri memakan waktu relatif lama, yakni sekitar tujuh tahunan.

Pada tahun 2020 kemarin, pihak pengelola telah menyiapkan kawasan destinasi bioskop mini bagi para pengunjung. Dengan demikian, wisatawan lokal maupun nasional dapat menyaksikan ragam film religi dan sejarah muslim, bagaimana Urbanreaders, tertarik berkunjung?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait