beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

4 Bahan Aktif yang Bantu Atasi Jerawat Punggung

Kintan Lestari, 16 Juni 2022
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Bahan Aktif yang Bantu Atasi Jerawat Punggung
Image: Ilustrasi jerawat punggung (Freepik/doucefleur)

Jakarta - Selain wajah, area tubuh yang sering berjerawat adalah punggung. Penyebab jerawat punggung (bacne) bermacam-macam. Namun seringnya bacne terjadi karena gesekan dari pakaian yang dikombinasikan dengan sel-sel kulit mati, bakteri dan sebum.

Adapun faktor lain jerawat punggung juga disebabkan karena faktor hormonal, genetik, efek samping pengobatan, stres, keringat, sampai konsumsi makanan. Meski secara penampilan bacne mirip dengan jerawat di wajah, namun jerawat punggung lebih sulit diatasi.

Itu karena kulit punggung lebih tebal daripada kulit wajah, pori-pori dan folikel rambut biasanya juga lebih besar, sehingga penyumbatan dapat menyebabkan peradangan dan kemungkinan infeksi lebih cepat dan besar. Mengingat kesamaan antara jerawat punggung dan jerawat wajah, ahli dermatopatologi bersertifikat Gretchen Frieling, MD, menyarankan untuk menggunakan dua bahan anti-jerawat di bawah ini:

Lalu bagaimana cara mengatasi jerawat punggung? Kamu bisa menggunakan produk dengan kandungan-kandungan berikut ini, Guys.

1. Salicyclid Acid

Bahan aktif ini bekerja untuk mengobati jerawat dengan membuka pori-pori yang tersumbat. Ini dilakukan dengan memecah ikatan antara sel-sel kulit mati sehingga mereka dapat keluar dari pori-pori dengan lebih mudah. Asam salisilat juga menurunkan produksi sebum kulit, yang menyebabkan lebih sedikit jerawat.

2. Benzoyl Peroxide 

Kalau bahan satu ini bekerja mengobati dan mencegah jerawat dengan membunuh bakteri di bawah kulit, serta membantu pori-pori meluruhkan sel kulit mati dan sebum berlebih. Benzoyl Peroxide juga bekerja sebagai antiseptik untuk mengurangi jumlah kuman (bakteri) di permukaan kulit.

3. Tea Tree Oil

Kandungan lain yang bisa dipakai untuk mengatasi jerawat punggung adalah tea tree oil. Sudah banyak bukti menunjukkan bahwa kandungan ini membantu mengobati jerawat dengan membunuh bakteri yang ada. Minyak ini juga memiliki efek antimikroba terhadap Cutibacterium acnes, sejenis bakteri yang ditemukan pada kulit normal yang sehat dan terlibat dalam pembentukan jerawat.

4. Lactic Acid

Lactic Acid umumnya terdapat di produk eksfoliasi. Bahan aktif ini bermanfaat membantu mengendalikan jerawat dengan membersihkan sel kulit mati yang sering menyumbat pori. Lactic acid juga membantu mengurangi tampilan pori-pori besar dan menghaluskan kulit kasar.

Itu dia 4 ingredients yang bisa kamu pakai untuk mengatasi bacne atau jerawat punggung. Jadi kalau kamu bermasalah dengan bacne, pastikan sabun mandimu mengandung 4 bahan aktif yang sudah disebutkan tadi ya!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait