beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

4 Ide Me Time Buat Ibu Muda saat Jenuh di Rumah

Izzah Putri Jurianto, 27 Oktober 2022 18.16.19
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Ide Me Time Buat Ibu Muda saat Jenuh di Rumah
Image: Ilustrasi ibu dan anak (pexels/ketutsubiyanto)

Jakarta – Sebagai seorang ibu, artinya kamu sudah siap untuk memberikan tenaga dan waktu kamu sepenuhnya untuk mengurus keluarga, terutama si buah hati. Apalagi, dalam tahun-tahun pertama anak, ketika tumbuh kembang mereka sedang pesat-pesatnya.

Karena itu, banyak ibu muda yang jadi kesulitan untuk punya waktu bagi dirinya sendiri, atau istilahnya tak bisa melakukan me time.

Alhasil, kondisi tersebut berujung merasa stress karena tak ada waktu untuk bersenang-senang. Nah, kalau kamu nggak punya ide harus ngapain ketika jenuh di rumah, simak 4 tips berikut buat ibu muda yang ingin me time. Stay tuned ya!

1. Cari Hobi yang Bisa Dilakukan di Rumah

1666842898-Ilustrasi-Wanita-Memasak.jpegSumber: Ilustrasi memasak (Pexels/andreapiacquadio)

Sebagai seorang ibu, tentu waktu yang bisa diberikan untuk melakukan hobi jadi lebih terbatas. Sebab, fokus utama kamu sekarang adalah untuk mengurus perkembangan anak.

Makanya, penting untuk punya jenis hobi yang bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah. Memasak dan mencoba resep-resep baru, membaca atau mungkin merajut bisa jadi pilihan untuk me time para ibu muda.

2. Lakukan Hobi dengan Anak

1666842906-Ilustrasi-Ibu-Membaca-Buku-dengan-Anak.jpegSumber: ilustrasi ibu membaca buku dengan anak (pexels/artempodrez)

Jika kamu ingin melakukan hobimu sendiri tapi anak benar-benar tak bisa ditinggal, maka solusinya adalah dengan melakukan hobi bersama mereka. Memang rasanya mungkin tidak terlalu seperti me time, tapi yang terpenting adalah bagaimana kamu bisa bersenang-senang di luar tugas utamamu menjadi sosok ibu.

Membaca buku bersama, misalnya, cukup seru untuk dilakukan dengan anak. Jadi, bukan hanya kamu bisa bersantai, anak juga bisa sekaligus belajar dengan cerita-cerita yang asyik.

3. Ajarkan Anak untuk Lebih mandiri

1666842878-Ilustrasi-Ibu-Ajarkan-Anak-Menggosok-Gigi.jpegSumber: Ilustras ibu dan anak menggosok gigi (pexels/kindelmedia)

Memang, anak kecil masih dalam masa-masa membutuhkan ibunya. Namun, hal ini bukan berarti mereka akan terus-terusan harus bersama kamu setiap waktu.

Seiring bertambahnya umur mereka, akan ada masa ketika mereka harus belajar untuk jadi mandiri. Kamu bisa mengajarkan mereka untuk tidak selalu minta ditemani olehmu 24 jam, misalnya saat menggunakan pakaian, mengambil mainan, atau menggosok gigi.

Ajari saja dengan cara yang pelan, tanpa harus diburu-buru. Lama-kelamaan mereka akan terbiasa untuk melakukan hal-hal sederhana dengan usahanya sendiri.

4. Play Date

1666842885-Ilustrasi-Grup-Anak-Anak.jpegSumber: Ilustrasi anak-anak (pexels/rodnaeproductions)

Play date bisa dilakukan dengan mengajak bertemu temanmu yang juga punya anak dengan usia yang hampir sama. So, hal ini akan sama-sama menguntungkan bagi kamu dan buah hati.

Bagi kamu sendiri, akan ada waktu untuk keluar rumah dan bertemu dengan teman yang mungkin saja sudah kamu rindukan begitu lamanya.

Sementara itu, anakmu akan punya teman bermain yang baru dan dapat melatih bagaimana ia berinteraksi dengan orang selain keluarganya. Win-win solution, bukan?

Sebenarnya, aktivitas yang bisa dilakukan saat me time itu nggak muluk-muluk kok, Urbanreaders. Dengan berdiam diri di rumah sambil melakukan hobi, itupun sudah cukup menjadi hiburan tersendiri bagi para ibu yang sedang merasa lelah mental dan fisiknya. Semoga bermanfaat!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait