Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Bertambah Lagi, 6 Kabupaten di Jawa Timur Masuk Zona PPKM Level 1

Nivita Saldyni,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Bertambah Lagi, 6 Kabupaten di Jawa Timur Masuk Zona PPKM Level 1
Image: Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jatim. (Dok. Humas Pemprov Jatim)

Surabaya - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI kembali merilis asesmen situasi COVID-19, Senin (13/9/2021) lalu. Dari hasil tersebut diketahui bahwa jumlah kabupaten di Jawa Timur yang berada di PPKM level 1 bertambah, dari tiga menjadi enam daerah.

Menurut data Kemenkes, enam kabupaten itu adalah Lamongan, Jember, Pasuruan, Gresik, Sidoarjo, dan Banyuwangi.

“Alhamdulillah hari ini sudah terjadi penambahan kabupaten/kota di Jatim yang masuk pada level 1. Total ada 6 kabupaten/kota yang berada pada level 1,” kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (13/9/2021).

“Terima kasih atas sinergi, kerja keras, dan kekompakan dari semua pihak yang ikut mencegah penyebaran Covid-19 di Jatim. Di dalamnya termasuk Forkopimda Jatim, TNI- POLRI,  Pemkab/Pemko, tenaga kesehatan (nakes), tokoh agama, tokoh masyarakat, akademisi, media, sektor swasta dan seluruh elemen masyarakat di Jatim,” imbuh Khofifah.

Menurut Khofifah pencapaian ini sejalan dengan upaya percepatan vaksinasi di Jatim yang telah dilakukan oleh berbagai elemen masyarakat. Dashboard Kemenkes/KCPEN sendiri mencatat, per 13 September 2021 jumlah total capaian vaksinasi dosis pertama dan kedua di Jatim sudah mencapai 18.056.737 dosis. Jumlah itu terdiri dari 11.679.097 orang yang sudah mendapat dosis pertama dan 6.377.640 orang untuk dosis kedua.

Menurutnya pencapaian ini harus dijaga agar kondisi kasus COVID-19 di Jatim semakin terkendali. Untuk itu, Khofifah pun berpesan agar semua elemen masyarakat tetap menjaga kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan dan jangan sampai kendor.

“Kondisi seperti ini patut kita syukuri saat ini. Jatim sudah bebas zona merah dan terlepas dari level 4. Vaksinasi terus kita gencarkan. Namun prokes jangan sampai lengah. Tetap jaga prokes agar kita segera bisa keluar dari pandemi,” pesannya.

Sebagai informasi, berdasarkan hasil asesmen Kemenkes maka saat ini Jatim memiliki enam.kabupaten yang berada di level 1, 19 kabupaten/kota di level 2, dan 13 kota/kabupaten di level 3. Berikut daftar lengkapnya!

Level 1: Kabupaten Lamongan, Jember, Pasuruan, Gresik, Sidoarjo, dan Banyuwangi.

Level 2: Kabupaten Tuban, Sumenep, Situbondo, Sampang, Probolinggo, Pamekasan, Ngawi, Nganjuk, Malang, Madiun, Kediri, Jombang, Bojonegoro, Bangkalan, Kota Surabaya, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan, Kota Kediri, dan Kota Batu.

Level 3: Kabupaten Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Pacitan, Mojokerto, Magetan, Lumajang, Bondowoso, Blitar, Kota Mojokerto, Kota Malang, Kota Madiun, dan Kota Blitar.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait