beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Besok Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II, Simak Rangkaian Jadwalnya

Izzah Putri Jurianto,
19 September 2022 19.38.24 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Besok Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II, Simak Rangkaian Jadwalnya
Image: Upacara Penghormatan Queen Elizabeth II (Foto: instagram/theroyalfamily)

Jakarta – Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II telah ditetapkan akan digelar besok Senin, 19 September 2022 oleh Kerajaan Inggris.

Saat ini, peti mati Ratu Elizabeth II masih bisa dikunjungi publik yang ingin memberikan penghormatan. Kabarnya, nantinya jenazah Ratu akan dipindahkan ke dari Westminster Hall ke tempat peristirahatan terakhir di King George VI Memorial Chapel di wilayah Windsor.

Ratu Elizabeth II yang meninggal di usia 96 tahun akan ditempatkan bersama suaminya, Pangeran Philip. Mengingat dedikasi Ratu yang begitu besar, nampaknya prosesi pemakaman akan memakan waktu yang cukup lama dan khidmat.

Oleh sebab itu, kru keamanan dari kerajaan sudah bersiap sebaik mungkin, mempertimbangkan bahwa sekitar 2,000 tamu dari berbagai negara diundang untuk menghadiri acara pemakaman di Westminster Abbey.

Berikut rangkaian prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II berdasarkan waktu London:

10.35: Prosesi akan dimulai dengan rangkaian pertama, yaitu pengambilan peti mati Ratu Elizabeth II oleh Pengawal Grenadier. Peti tersebut akan dipindahkan dari Westminster Hall ke Westminster Abbey.

11.00: Setelah jenazah Ratu tiba di gerbang barat Westminster Abbey, prosesi pemakaman akan dimulai dan dipimpin oleh Petinggi Gereja Westminster.

12.15: Peti matu Ratu Elizabeth II akan diusung melewati sekitar London. Rute yang akan diambil untuk prosesi ini mulai dari Westminster Abbey melewati Broad Sanctuary, Parliament Square (sisi selatan dan timur), Parliament Street, Whitehall, Horse Guards yang meliputi Horse Guards Arch, Horse Guards Road, The Mall, Queen's Gardens (sisi selatan dan barat), Constitution Hill dan Apsley Way.

13.00: Jenazah Ratu tiba di Wellington Arch untuk kemudian dibawa ke Istana Windsor di wilayah Berkshire. Dari Wellington Arch di London ke Berkshire diperkirakan perjalanan akan menempuh waktu sekitar 1,5-2 jam.

16.00: Sesampainya jenazah Ratu di Windsor, akan berlangsung upacara doa di Kapel St George. Menurut situs resmi kerajaan Inggris, seluruh staf kerajaan akan hadir sebagai jemaat. Paduan suara Kapel St George akan menyanyikan beberapa lagu.

19.30: Puncak dari prosesi pemakaman, bertempat di King George VI Memorial Chapel di mana Ratu Elizabeth II akan diistirahatkan selama-lamanya di bagian Royal Vault. Selain Pangeran Philip, mendiang keluarga Ratu yang lain yaitu sang ayah Raja George, sang ibu dan adik Ratu yaitu Putri Margaret juga dimakamkan di sana.

Acara pemakaman Ratu Elizabeth II akan disiarkan secara langsung oleh berbagai stasiun televisi, seperti BBC One dan ITV.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait